Mantan PM Turki: Erdogan, Keluarganya Bencana Terbesar Bagi Turki

Jurnalpatrolinews – Ankara : Pada hari Senin, mantan Perdana Menteri Turki dan ketua Partai Masa Depan, Ahmet Davutoglu, mengecam kebijakan Presiden Turki Recep Tayyip ErdoÄŸan, menggambarkan dia dan keluarganya sebagai bencana terbesar yang menimpa negara itu.

Dalam pernyataan pers, Davutoglu mengemukakan kebijakan luar negeri Turki di bawah Presiden  Erdogan , mengatakan bahwa hal itu hampir mencapai jalan buntu sebagai akibat dari kemerosotan ekonomi Turki yang terus berlanjut dan isolasi internasional.

Dia menunjukkan bahwa kebijakan luar negeri Erdogan yang agresif dan bermusuhan telah menyebabkan beberapa negara Arab dan Eropa menilai kembali Turki sebagai aktor regional yang kompetitif, bukan kooperatif.

Hanya Azerbaijan, Qatar, Somalia, dan setengah dari Libya yang mengendalikan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang tetap menjadi sekutu Turki.

Menurut statistik Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), jumlah rekrutan yang telah dipindahkan oleh Turki ke Libya sejauh ini telah meningkat menjadi sekitar 18.000 tentara bayaran berkebangsaan Suriah, termasuk 350 anak di bawah umur di bawah usia 18 tahun.

Dalam sebuah pernyataan, SOHR melaporkan bahwa gelombang baru, diperkirakan 450 tentara bayaran dari faksi pro-Ankara, kembali dari wilayah Libya setelah berakhirnya kontrak mereka untuk bertarung bersama Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) melawan Tentara Nasional Libya. (LNA).

Davutoglu, salah satu orang terdekat Erdogan di masa lalu ketika dia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan kemudian Perdana Menteri sebelum pengunduran dirinya, mengatakan bahwa keinginan Erdogan untuk tetap berkuasa membuatnya tidak ragu-ragu untuk menjalin aliansi politik yang tidak wajar pada prinsipnya.

Mengomentari seruan Erdogan baru-baru ini kepada  Turki  untuk bersabar dengan kesulitan yang mereka alami, Davutoglu menambahkan: “Bangsa ini akan bersabar. Tetapi atas bencana apa mereka akan bersabar? Dalam semua ini, saya bertanya-tanya? Anda sendiri adalah malapetaka.

Komentar