Manuver Iran Melawan Jet Tempur Rusia Tidak Berhasil

  • Whatsapp
Jet Tempur Su 30SM Rusia, (foto : Avia Pro)

Jurnalpatrolinews – Moskow : Hingga saat ini, menurut media Rusia, pihak berwenang Iran sedang merencanakan pembelian besar-besaran pesawat tempur modern Rusia setelah pencabutan sanksi internasional. Namun, seperti yang dicatat Forbes: “Enam bulan telah berlalu sejak embargo senjata PBB berakhir, tetapi masih belum ada indikasi bahwa Iran akan memperoleh atau bahkan dapat memperoleh jet tempur baru untuk angkatan udara lamanya”.

Juga dicatat dalam artikel bahwa Iran mungkin tidak mampu membeli Su-30SM atau Su-35S yang cukup untuk menggantikan F-14 dan F-4-nya. Sebaliknya, pesaing mereka, seperti Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, mengoperasikan teknologi yang sangat maju. 

Bacaan Lainnya

Analis berspekulasi bahwa Teheran dapat membeli beberapa pesawat tempurnya dari Rusia, dan kemudian menutupi perbedaannya dengan pesawat tempur China yang murah. 

Namun, karena kerusakan ekonomi yang ditimbulkan oleh sanksi internasional ke Iran dan penurunan nilai mata uang nasional, mereka tidak memiliki cukup dana untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar – sementara Teheran hanya tertarik untuk memperoleh 36 J-10C China di ditukar dengan minyak Iran, tetapi Beijing tidak terlalu tertarik dengan ini.

Akibatnya, orang hanya dapat berasumsi bahwa Iran tidak berencana untuk memperbarui pesawat tempurnya dalam waktu dekat dan pembelian ditunda tanpa batas waktu.  (***/. dd – avpro)

Pos terkait