Melalui Pesan Iduladha, Biden Dorong Gencatan Senjata di Gaza

JurnalPatroliNews – AS – Dalam kesempatan menyampaikan pesan di Hari Raya Iduladha, Presiden Amerika Serikat Joe Biden kembali mengangkat isu gencatan senjata di Jalur Gaza.

Selain memberikan ucapan selamat Iduladha kepada umat Muslim di seluruh dunia, Biden juga menekankan pentingnya implementasi proposal gencatan senjata tiga tahap yang telah diusulkannya.

“Terlalu banyak orang tak berdosa yang terbunuh, termasuk ribuan anak-anak. Banyak keluarga yang meninggalkan rumah mereka dan melihat komunitas mereka hancur. Rasa sakit mereka sangat besar,” ujarnya, seperti dimuat AFP pada Senin (17/6).

Menurut Biden, rencana tersebut adalah solusi terbaik untuk mengurangi penderitaan warga sipil akibat konflik antara Israel dan Hamas.

“Saya sangat yakin bahwa proposal gencatan senjata tiga fase yang diajukan Israel kepada Hamas dan didukung oleh Dewan Keamanan PBB adalah cara terbaik untuk mengakhiri kekerasan di Gaza dan pada akhirnya mengakhiri perang,” ucap dia.

Biden menjelaskan bahwa rencana tiga tahap ini dirancang untuk mengakhiri konflik, membebaskan semua sandera, dan memulai rekonstruksi wilayah Palestina yang hancur tanpa melibatkan kekuasaan Hamas.

Hamas pada Senin (10/6) menyambut baik keputusan Dewan Keamanan PBB yang mengadopsi resolusi mendukung rencana gencatan senjata tersebut.

Namun, Hamas menegaskan bahwa tuntutan mereka harus dipenuhi, termasuk gencatan senjata permanen di Gaza dan penarikan penuh pasukan Israel dari wilayah tersebut, meskipun tuntutan ini ditolak oleh Israel.

Komentar