Menteri Pertahanan AS Menelepon Putra Mahkota Saudi, Tegaskan Kembali ‘Ikatan Strategis’

  • Whatsapp
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, (Foto : Manar TV)

Jurnalpatrolinews – Washington : Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berbicara dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, kata media pemerintah pada hari Jumat, beberapa hari setelah Gedung Putih mengatakan akan berurusan dengan raja, bukan ahli warisnya, dan pejabat AS akan melibatkan rekan mereka di kerajaan.

Putra Mahkota Mohammed, yang juga Menteri Pertahanan Saudi, meninjau hubungan bilateral dengan Austin, terutama dalam kerja sama pertahanan, kata kantor berita negara SPA.

Austin “menegaskan kembali pentingnya kemitraan pertahanan strategis antara kedua negara, dan mengatakan Amerika Serikat berkomitmen untuk membantu Riyadh mempertahankan diri, mengutuk serangan” yang diluncurkan ke kerajaan oleh pasukan sekutu Yaman, kata badan itu.

Austin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia memiliki panggilan ‘produktif’.

“Kami membahas komitmen berkelanjutan untuk 70 tahun kemitraan keamanan AS-Saudi, dan saya berharap dapat bekerja sama untuk mencapai keamanan & stabilitas regional,” katanya.

Presiden AS Joe Biden mengatakan minggu ini bahwa dia berencana untuk mengkalibrasi ulang hubungan AS dengan Arab Saudi dan akan melakukan diplomasi melalui Raja Saudi Salman bin Abdulaziz daripada putra mahkota yang kuat, yang secara luas disebut sebagai MBS.

Biden kembali ke pertunangan “counterpart to counterpart”, kata Gedung Putih.  (***/. dd – mnrtv)

Pos terkait