Internasional

Negosiasi Dipercepat, Dikasih Tank Minta Rudal, Ukraina Mau ‘Ngebom’ Ratusan Gudang Rusia

Beno
×

Negosiasi Dipercepat, Dikasih Tank Minta Rudal, Ukraina Mau ‘Ngebom’ Ratusan Gudang Rusia

Sebarkan artikel ini
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Foto: AP)

JurnalPatroliNews – Ukraina – Ukraina dan sekutunya tengah membahas pemberian rudal jarak jauh yang akan digunakan untuk mencegah pengeboman kota Ukraina oleh Rusia.

Pembicaraan antara Ukraina dan sekutu diungkapkan oleh penasihat Presiden Volodymyr Zelensky yang bernama Mykhailo Podolyak kepada stasiun televisi Ukraina. Reuters melaporkan diskusi ini menambah panjang daftar senjata militer yang berpotensi memperkuat Ukraina melawan tentara Rusia. Sebelumnya, negara barat telah menjanjikan pemberian tank. Ukraina juga telah mengajukan permintaan jet tempur. “Untuk mengurangi senjata kunci Rusia, yaitu artileri, kami membutuhkan rudal yang bisa menghancurkan gudang senjata mereka,” kata Podolyak kepada jaringan televisi Ukraina, Freedom, dikutip dari Reuters pada Minggu (29/1/2023).

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Ia mengatakan bahwa ada sekitar 100 gudang artileri milik Rusia di Semenanjung Crimea yang kini dikuasai oleh Rusia. “Karena itu, negosiasi [soal rudal jarak jauh] sedang berjalan. Negosiasi ini kini dipercepat,” kata Podolyak. Berbicara terpisah, Zelenskiy mengatakan bahwa Ukraina ingin mencegah serangan Rusia berikutnya ke area perkotaan yang berdampak ke penduduk sipil. “Ukraina membutuhkan rudal jarak jauh untuk mencegah penjajah menggunakan rudal mereka untuk menghancurkan kota Ukraina dari jauh,” katanya.