Internasional

Negosiasi, Nyaris Setahun Ditahan Rusia, Veteran Angkatan Laut AS Dibebaskan

Beno
×

Negosiasi, Nyaris Setahun Ditahan Rusia, Veteran Angkatan Laut AS Dibebaskan

Sebarkan artikel ini
(Foto: Paulius Peleckis/Getty Images)

JurnalPatroliNews – Washington DC – Seorang tentara veteran Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang ditahan selama nyaris setahun di Rusia, telah dibebaskan pekan ini. Pembebasan itu dilakukan setelah negosiasi berlangsung selama berbulan-bulan yang dipelopori oleh mantan Gubernur New Mexico Bill Richardson.

Seperti dilansir rekan media, dikutip Jumat (13/1/2023), Taylor Dudley (35) yang berasal dari Lansing, Michigan, ditahan oleh polisi patroli perbatasan Rusia pada April 2022 setelah melintasi perbatasan dari Polandia ke Kaliningrad, wilayah eksklave yang dikuasai Moskow yang terletak antara Polandia dan Lithuania.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Dudley berada di Polandia untuk menghadiri festival musik, namun tidak diketahui alasan dia menyeberangi perbatasan.

Dalam pernyataan terpisah kepada CNN, Richardson menuturkan Dudley dibebaskan di perlintasan perbatasan Brgationovsk-Bezledy yang ada di antara Rusia dan Polandia pada Kamis (12/1) waktu setempat.

Penahanan Dudley tidak diungkap ke publik sebelum kabar pembebasannya diumumkan, karena pihak keluarga ingin negosiasi pembebasannya tetap privat.

“Sebelumnya hari ini, otoritas Rusia membebaskan seorang warga negara Amerika Taylor Dudley, seorang veteran Angkatan Laut berusia 35 tahun, menyeberangi perbatasan Polandia kepada Gubernur Bill Richardson, timnya dan perwakilan dari Kedutaan Besar AS di Warsawa,” demikian pernyataan juru bicara keluarga Dudley, Jonathan Franks, dikutip CNN.

Pusat Keterlibatan Global Richardson, sebuah organisasi non-profit yang didirikan Richardson, disebut mempelopori negosiasi tersebut. Richardson yang mantan gubernur dan diplomat ini diketahui telah bekerja sejak lama untuk membebaskan warga-warga AS yang ditahan di luar negeri.

Organisasi yang didirikan Richardson diketahui juga berperan dalam pembebasan Trevor Reed, seorang warga negara AS dan mantan Marinir AS yang ditahan secara keliru di Rusia pada musim panas lalu.

Menurut wakil presiden Pusat Keterlibatan Global Richardson, Mickey Bergman, tidak ada pertukaran tahanan yang dilakukan oleh AS untuk pembebasan Dudley.

Selain Dudley, masih ada satu warga negara AS lainnya yang bernama Paul Whelan yang masih ditahan Rusia. Richardson menambahkan bahwa dirinya bersama timnya masih ‘terus menekan’ dalam negosiasi dengan Rusia untuk mengamankan pembebasan Whelan.

Penulis: lk/*Editor: Beno