Panik.! China ‘Diserang’ Covid-19, Kasus Impor Melalui Pelabuhan

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Terulang kembali perkembangan  kasus Covid-19 di China melonjak secara signifikkan, setelah ditemukan peningkatan kasus di pelabuhan, kata pejabat kesehatan setempat.

Peningkatan kasus di negeri Tirai Bambu berasal dari semakin banyaknya kasus impor yang masuk ke negara tersebut, nyaris mendekati 400 infeksi yang terkonfirmasi sejak 17 hingga 20 Oktober.

Berdasarkan data Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), tercatat ada 377 kasus Covid-19 impor di China, yang telah menangani serangkaian penyebaran wabah sejak 2020 lalu.

Jumlahnya memang kecil dibandingkan dengan cluster di luar negeri. Namun, sementara seluruh dunia mencari cara untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

China telah mempertahankan toleransi nolnya, mendesak kewaspadaan di sekitar daerah perbatasan dan pelabuhan untuk mencegah pelancong masuk yang terinfeksi menyebarkan virus ke penduduk setempat.

“Dalam 14 hari terakhir, 14 wilayah provinsi telah melaporkan kasus baru yang ditularkan secara lokal atau pembawa tanpa gejala,” kata juru bicara NHC Mi Feng, dikutip Minggu (31/10/2021).

“Wabah masih berkembang pesat, dan situasi pengendalian virus parah dan rumit.”

Heihe, sebuah kota kecil di timur laut berpenduduk 1,3 juta orang yang terletak di sisi sungai Amur China di perbatasan dengan Rusia, melaporkan 26 kasus lokal untuk 29 Oktober, meningkat tajam dari sembilan pada 28 Oktober dan hanya satu pada 27 Oktober.

“Wabah ini telah mengekspos kelemahan pikiran di antara beberapa otoritas lokal,” kata Wu Liangyou, pejabat NHC lainnya.

Komentar