Peringatan Presiden Mesir : Erdoğan Menggunakan Islam Dan Gelombang Teroris Bisa Pergi ke Yunani

Jurnalpatrolinews – Kairo : Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi memperingatkan rekan-rekan Yunani dan Siprus bahwa gelombang jihadis yang didukung Turki akan menjadi masalah bagi Yunani “di masa depan,” menurut  Ta Nea.

Informasi yang dilaporkan oleh Ta Nea itu dalam konteks pertemuan presiden Mesir Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dan Presiden Siprus Nikos Anastasiades selama  pertemuan tripartit  di Nicosia pada hari Rabu.

Perhatian presiden Mesir tidak hanya tentang keterlibatan Ankara dalam semua konflik regional, tetapi terutama tentang cara Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan “sekarang terlibat dan secara terbuka menggunakan faktor Islam.”

Dalam konteks ini, presiden Mesir memperingatkan “gelombang teroris di Yunani di masa depan”.

Ta Nea merujuk pada pengarahan rahasia yang terjadi selama pertemuan tripartit yang disetujui, “Tuan. Mitsotakis dan Mr. Anastasiadis tetap menjadi agenda utama, tidak hanya kontak tripartit tetapi juga gerakan mereka sendiri menuju negara ketiga. ”

Artikel Ta Nea hari ini muncul kemarin,  Greek City Times  melaporkan kemarin bagaimana Abraham Kasparian, seorang jurnalis Armenia kelahiran Suriah, mengungkapkan melalui percakapan yang bocor antara teroris yang berbasis di Idlib, bahwa Turki sekarang merekrut tentara bayaran Suriah untuk dikirim ke perbatasan Yunani.

Kasparian mengatakan bahwa Turki menampung ribuan militan Suriah, Ankara merencanakan lokasi lain untuk “membakar” mereka karena Azerbaijan tidak akan cukup untuk menyingkirkan mereka semua.

Perang Suriah, yang telah berkecamuk sejak 2011, hampir berakhir. Turki adalah satu-satunya negara kawasan yang terus mendukung militan ekstremis di negara yang dilanda perang itu dan tidak mau melepaskan kendali atas provinsi Idlib, sehingga memperpanjang penderitaan.

Namun, banyak dari militan Suriah ini menjadi masalah domestik di Turki, yang merupakan bagian dari alasan mengapa Erdogan membubarkan mereka sebagai kekuatan tempur yang dapat bergerak untuk melayani kepentingannya di Libya dan Azerbaijan, yang setidaknya dalam kasus bentrokan dengan Libya. Kepentingan Mesir.

Sekarang tampaknya, menurut Kasparian, bahwa beberapa tentara bayaran akan ditempatkan di perbatasan darat antara Yunani dan Turki di Thrace.

Komentar