Pernyataan Bersama, EU-AS Berjanji Untuk Berupaya Jaga Stabilitas Pasar Energi Global

JurnalPatroliNews -London,- Uni Eropa (EU) dan Amerika Serikat (AS) pada Selasa (4/4) menegaskan kembali niat mereka untuk terus mengoordinasikan respons untuk menjaga stabilitas pasar energi global.

Dewan Energi EU-AS ke-10 berkumpul di Brussels, dengan pertemuan yang dipimpin Kepala Kebijakan Luar Negeri EU Josep Borrell, Komisaris Energi Eropa Kadri Simson, Menlu AS Antony Blinken, dan Wakil Menteri Energi AS David Turk.

Pada pernyataan bersama yang disiarkan setelah pertemuan tersebut, Dewan Energi tersebut menyoroti pentingnya tindakan terkoordinasi untuk menjaga stabilitas pasar energi global dalam menghadapi berbagai ancaman.

“Kerja sama energi Trans-Atlantik terus berkontribusi pada stabilitas dan transparansi pasar energi global dengan mempromosikan diversifikasi dan keamanan energi, mendukung langkah efisiensi energi, mengembangkan teknologi yang berkontribusi pada transisi menuju emisi nol bersih pada 2050, dan melalui penelitian, inovasi, kebijakan yang selaras, dan kerja sama bisnis,” kata pernyataan bersama tersebut.

Dewan itu juga mengulangi kecamannya dengan “kata-kata paling keras” terhadap perang Rusia di Ukraina, serta menyerukan Rusia untuk menarik semua pasukan militernya dari wilayah Ukraina dalam perbatasan yang diakui secara internasional.

“Perang Rusia juga telah memicu krisis ketahanan pangan dan keamanan energi global, dengan kenaikan harga yang tajam, volatilitas pasar, dan dampak yang tidak proporsional terhadap negara berkembang dan populasi yang rentan,” katanya.

Pernyataan dewan itu menyebutkan bahwa serangan Rusia terhadap infrastruktur penting di Ukraina telah menimbulkan “ketegangan yang belum pernah terjadi sebelumnya” pada keamanan dan fungsi sistem energi negara tersebut.

Komentar