Perusahaan Tiongkok Ex-Robots Kembangkan Robot Mirip Manusia dengan Kemampuan Ekspresi Emosi

JurnalPatroliNews – Jakarta,.-Para insinyur di perusahaan Tiongkok Ex-Robots tengah mengembangkan robot yang menyerupai manusia dengan kemampuan untuk menampilkan ekspresi wajah dan emosi. Bagian tubuh robot, seperti lengan, kaki, dan kepala, terbuat dari bahan silikon yang lembut dan mudah dipindahkan.

“Kami memiliki tim perangkat lunak dan algoritma kami sendiri,” kata Li Boyang, kepala eksekutif Ex-Robots, seperti dikutip dari VOA pada Selasa (18/6).

Algoritma adalah serangkaian instruksi atau aturan yang diikuti oleh program komputer untuk mengoperasikan sebuah robot.

“Pemrograman sumber terbuka umumnya tersedia bagi pengembang perangkat lunak secara gratis untuk digunakan dalam sistem mereka,” tambah Li.

Perusahaan ini berfokus pada pengembangan kecerdasan buatan (AI) yang mampu mengenali dan menunjukkan ekspresi dan emosi. Dalam demonstrasi terbaru, robot Ex-Robots dapat menggerakkan kepalanya, tersenyum, dan bahkan menjulurkan lidah.

“Kami juga sedang mengembangkan model multi-modal yang dapat mengekspresikan emosi,” jelas Li.

AI multi-modal memiliki kemampuan untuk memproses berbagai jenis sinyal dan meresponsnya, seperti video, teks, suara, atau sentuhan. Teknologi ini juga mampu menilai lingkungan sekitar dan memberikan respons wajah yang tepat.

Li menambahkan bahwa robot buatan mereka dapat digunakan di bidang perawatan kesehatan mental, seperti dalam konseling psikologis. Ex-Robots juga sedang melakukan penelitian untuk mengatasi gangguan kesehatan mental.

“Selain itu, saya yakin bahwa interaksi emosional dapat memiliki aplikasi yang luas dalam layanan, termasuk yang ditujukan untuk anak-anak,” ungkapnya.

Ex-Robots menyatakan bahwa mereka membutuhkan waktu antara dua minggu hingga satu bulan untuk memproduksi robot humanoid mereka. Harga robot ini berkisar dari 207.000 hingga 276.000 dolar AS.

Komentar