Presiden Turki Erdogan Menyerukan Kepada Rakyatnya Boikot Barang Perancis

Jurnalpatrolinews – Ankara : Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan telah menyerukan boikot produk Prancis di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

Erdoğan memicu reaksi keras dari para pemimpin Eropa akhir pekan ini ketika dia mempertanyakan kesehatan mental Presiden Prancis Emmanuel Macron atas pendiriannya terhadap Islam. Pernyataan itu telah mendorong Prancis menarik duta besarnya untuk Ankara.

Dalam pidatonya pada hari Senin, presiden Turki berlipat ganda – mengulangi komentar kesehatan mentalnya tentang Macron, menyerang Kanselir Jerman Angela Merkel, menggambarkan negara-negara Eropa sebagai fasis dan mendesak Turki untuk tidak membeli barang-barang buatan Perancis.

“Jangan pernah memberikan kredit untuk barang berlabel Perancis, jangan membelinya,” kata Erdogan .

Turki dan UE berselisih mengenai daftar masalah yang terus bertambah, khususnya upaya eksplorasi energi Ankara di perairan yang diakui secara internasional sebagai milik Yunani dan Siprus. Macron sangat vokal dalam kritiknya terhadap Ankara; Perancis dan Turki juga mendukung pihak yang berseberangan di Libya.

Pada hari Sabtu, Erdogan mengecam di macron selama presiden Perancis pernyataan tentang Islam radikal setelah pembunuhan seorang guru yang telah menunjukkan karikatur kelasnya Nabi Muhammad. Macron “membutuhkan perawatan mental,” kata Erdogan.

Dia mengulangi kata-kata itu pada hari Senin, dengan mengatakan: “Serangan [terhadap Islam] ini dimulai dengan dorongan dari pemimpin Perancis, yang membutuhkan pemeriksaan mental.”

Erdogan juga mengkritik Merkel atas “serangan polisi” di sebuah masjid Jerman, kemungkinan merujuk pada penggerebekan polisi baru – baru ini di sebuah masjid Berlin atas dugaan penipuan subsidi virus corona. “Saya memanggil Kanselir Merkel, di mana Anda memiliki kebebasan beragama?” katanya, menurut media  Anadolu Agency.

Dia kemudian melanjutkan dengan mengatakan: “Di beberapa negara Eropa, permusuhan terhadap Islam dan Muslim telah menjadi kebijakan yang didorong dan didukung di tingkat kepala negara… Saya berseru dari sini, Anda adalah fasis sejati, Anda pada dasarnya adalah link dalam rantai Nazisme. ”

Sementara itu, politisi Eropa lebih banyak menyatakan solidaritasnya dengan Perancis pada Senin.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas menyebut pernyataan Erdogan tidak dapat diterima dan mengatakan Jerman akan “berdiri bersama teman-teman Perancis kami … terutama dalam perang melawan ekstremis Islam.”

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte  mengatakan : “Pelecehan pribadi tidak membantu agenda positif yang ingin dikejar Uni Eropa dengan Turki, tetapi sebaliknya mendorong solusi. Solidaritas penuh dengan Presiden Emmanuel Macron. ”

Komentar