Program Semakin Maju, Cadangan Nuklir Iran Cukup untuk Memproduksi Lebih dari Satu Senjata Nuklir — E3

  • Whatsapp
Pembangkit nuklir Iran/Net

JurnalPatroliNews – Jakarta – Inggris, Prancis, dan Jerman, menyampaikan pernyataan bersama kepada Dewan Gubernur Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang membahas implementasi komitmen nuklir Iran di bawah JCPoA.

Ketiga negara yang tergabung dalam kelompok E3, pada Rabu (24/11)  mengungkapkan keprihatinannya bahwa selama lebih dari dua tahun Iran masih tetap melanjutkan eskalasi nuklirnya yang sistematis.

BACA JUGA :

Sejauh ini, Iran memiliki bahan nuklir yang cukup untuk memproduksi lebih dari satu hulu ledak nuklir setelah pengayaan ekstra.

“Dengan demikian Iran telah berupaya meningkatkan kemampuan nuklirnya secara permanen dan tidak dapat diubah dan mengekspos komunitas internasional pada risiko yang signifikan,” bunyi dokumen yang ditulis oleh E3, seperti dikutip dari TASS.

Iran tidak memiliki pembenaran sipil yang masuk akal untuk pengayaan 20 persen dan 60 persen dan produksi Uranium yang Diperkaya Tinggi (HEU) belum pernah terjadi sebelumnya untuk Negara tanpa program senjata.

“Sebagai hasil dari laju produksinya yang mengkhawatirkan, total persediaan Iran hari ini mengandung cukup bahan fisil yang jika diperkaya lebih lanjut dapat digunakan untuk memproduksi lebih dari satu senjata nuklir dan akumulasi uranium yang diperkaya pada 20 dan 60 persen semakin mengurangi waktu yang dibutuhkan Iran untuk meledakkan senjata nuklir pertama.”

Iran juga telah mengembangkan pengetahuan penting untuk produksi senjata nuklir, khususnya di bidang logam uranium.”

Program nuklir Iran sekarang dalam keadaan yang jauh lebih maju,” ujar pernyataan itu. 

Pos terkait