Puluhan Warga Thailand Diselamatkan dari Upaya Kerja Paksa, Pelaku Asal China Diringkus

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sebanyak 99 warga Thailand berhasil diselamatkan pihak berwenang Kamboja dan Thailand dari upaya kerja paksa di Phnom Penh pada Rabu malam (16/11) waktu setempat.

Wakil Kepala Polisi Nasional Thailand Jenderal Roy Inkhapairote mengatakan pada Kamis (17/11) bahwa orang-orang itu diselamatkan dari sebuah gedung bertingkat tiga yang dipagari.

Saat operasi penyelamatan, petugas juga berhasil meringkus sejumlah warga negara China yang diduga mengawasi para pekerja Thailand

Para korban mengatakan kepada polisi bahwa mereka telah direkrut untuk bekerja sebagai administrator situs web untuk melakukan percakapan dengan pelanggan.

Setelah mereka tiba di Phnom Penh, mereka dipaksa untuk mengoperasikan penipuan lewat telepon, menelepon rekan-rekan Thailand dan memikat mereka untuk berinvestasi dalam bisnis pinjaman palsu.

Bangkok Post melaporkan, mereka yang melawan diserang, dipukuli, ditahan dan dibiarkan kelaparan. Beberapa korban Thailand ditahan untuk tebusan atau dijual ke geng lain.

Jenderal Roy mengatakan bahwa 99 orang itu adalah kelompok ketiga orang Thailand yang diselamatkan dari kerja paksa di Kamboja. Sebelumnya 109 warga Thailand telah diselamatkan dari Sihanoukville, Phnom Penh dan Poipet.

Komentar