Rudal Balistik Khorramshahr, Hasil Usaha Peneliti Iran

Jurnalpatrolinews – Teheran : Republik Islam Iran telah mengembangkan persenjataan rudal balistik sejak perang yang dipaksakan (perang Iran-Irak) dan telah membuat kemajuan yang signifikan dalam tiga dekade terakhir, menghasilkan berbagai senjata jarak pendek, jarak menengah, dan rudal balistik jarak jauh.

Rudal balistik jarak menengah Khorramshahr pertama kali didemonstrasikan pada 22 September 2017, selama parade nasional Angkatan Bersenjata Iran. Rudal ini adalah salah satu rudal yang sepenuhnya asli dan hasil dari upaya peneliti Iran.

Spesifikasi umum

Amir-Ali Hajizadeh, komandan IRGC Aerospace Force, mengumumkan bahwa rudal Khorramshahr memiliki jarak 2.000 kilometer. Rudal Khorramshahr berbahan bakar cair berbobot 20 ton dan memiliki hulu ledak seberat 1.800 kilogram, membawa beberapa hulu ledak masuk kembali yang dapat ditargetkan secara independen (berisi beberapa hulu ledak yang lebih kecil beberapa ratus kilogram), bukan hulu ledak.

Perbandingan rudal Khorramshahr dengan rudal balistik Iran lainnya, termasuk rudal Qadr dan Sejjil, menunjukkan bahwa Khorramshahr dapat membawa amunisi perang lebih dari 2 hingga 3 kali lipat dari jumlah yang diumumkan untuk jenis rudal balistik sebelumnya.

Diameter badan pesawat yang lebih besar dalam rudal Khorramshahr membantu membawa beberapa hulu ledak masuk kembali yang dapat ditargetkan secara independen karena ada lebih banyak ruang bagi perancang untuk memasang hulu ledak jenis ini.

Rudal Khorramshahr pertama diluncurkan dengan hulu ledak berbentuk kerucut sederhana. Namun, karena kemajuan yang dibuat pada hulu ledak rudal, rudal Khorramshahr sekarang dapat menggunakan beberapa hulu ledak masuk kembali yang dapat ditargetkan secara independen dalam model yang ditingkatkan.

Sejauh ini, tiga jenis hulu ledak telah terlihat pada rudal Khorramshahr. Jenis topi kerucut sederhana pertama digunakan di Khorramshahr 1. Kemudian, rudal Khorramshahr 2 dengan beberapa hulu ledak masuk kembali yang dapat ditargetkan secara independen ditampilkan pada tahun 2018. Tutup ini memiliki perubahan penampang dan sudut permukaan serta memiliki sayap kontrol di ujungnya. dari tubuhnya.

Pada 2019, rudal Khorramshahr didemonstrasikan dengan hulu ledak baru. Hulu ledak ini mirip dengan hulu ledak Khorramshahr 2, hanya saja hulu ledak tersebut tidak memiliki sayap kendali. Ini mengurangi kemungkinan terkena sistem pertahanan anti-rudal.

Mayor Jenderal Bagheri, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran, mengumumkan bahwa dalam tes terakhir, hulu ledak rudal Khorramshahr mencapai target pada jarak 1300 km dengan kesalahan 60 cm. Ini menunjukkan bahwa rudal ini memiliki akurasi yang sangat tinggi dan dengan jumlah kesalahan yang minimal, kemampuan rudal balistik Iran telah meningkat pesat.

Komentar