Rusia: Afghanistan adalah Bukti AS-NATO Tidak Bisa Koordinasikan Aksinya

JurnalPatroliNews, Moskow – Rusia menuturkan, situasi di Afghanistan telah menunjukkan bahwa baik Amerika Serikat (AS) maupun NATO tidak mampu mengkoordinasikan tindakan mereka. Hal itu diutarakan juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova.

“Situasi di Afghanistan secara grafis telah menunjukkan, bahwa baik NATO pada umumnya, maupun Amerika Serikat pada khususnya tidak mampu secara efektif mengoordinasikan tindakan mereka,” ucap Zakharova.

“Selain itu, AS telah terbukti benar-benar tidak berdaya sebagai kekuatan pengarah,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Tass pada Minggu (5/9/2021).

Zakharova kemudian menarik perhatian pada fakta bahwa meskipun gagal di Afghanistan, NATO berencana untuk melakukan banyak latihan, terutama di negara-negara Baltik dan Eropa Timur dan membangun kehadirannya di Kutub Utara.

“Dilihat dari bencana di Afghanistan, NATO membutuhkan latihan di pegunungan dan stepa daripada di padang rumput dan padang rumput. Tapi, mereka tampaknya terlalu asyik dalam konfrontasi virtual dengan Rusia,” tegasnya.

“Penurunan aliansi sudah jelas. Kendaraan dari Irak setidaknya dibawa ke negara-negara Baltik dan rongsokan ini disumbangkan ke bawahan. Di Afghanistan, mereka sangat terkuras sehingga mereka memilih untuk meninggalkan mobil dan helikopter mereka kepada orang-orang yang mereka lawan,” tukasnya.

(sdn)

Komentar