Saat Rayakan Tahun Baru, Angkatan Udara Ukraina Klaim Tembak Jatuh 45 Drone Rusia

JurnalPatroliNews – KIEV – Ukraina mengaku berhasil menembak jatuh 45 pesawat tak berawak Rusia, saat negara pro-Barat itu merayakan tahun baru. Demikian diungkapkan Angkatan Udara Ukraina, Minggu (1/1/2023).

Seperti dilaporkan AFP, Angkatan Udara Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa pertahanan udara menghancurkan 45 drone “Shahed”.

Tiga belas drone ditembak jatuh pada akhir 2022 dan 32 lainnya di tahun baru, kata pernyataan itu.
Otoritas Ukraina tidak mengatakan apakah beberapa drone mencapai target mereka.

Andriy Nebitov, kepala polisi Kiev, memposting di Facebook gambar reruntuhan pesawat tak berawak yang jatuh dengan kata-kata “Selamat Tahun Baru” dalam bahasa Rusia. “Itu semua yang perlu Anda ketahui tentang negara teror dan tentaranya,” tulisnya.

Serangan itu terjadi saat invasi Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina memasuki bulan ke-11. Setelah serangkaian kekalahan militer yang memalukan, Rusia pada bulan Oktober mulai menargetkan infrastruktur Ukraina, membuat jutaan orang tidak tahu apa-apa.

Dalam serangan Malam Tahun Baru, Moskow menyerang Kiev dan kota-kota Ukraina lainnya dengan rudal dan drone buatan Iran.

Sementara itu, sebuah drone Ukraina dilaporkan menyerang instalasi listrik di Distrik Klimovsky. Hal itu diungkapkan Gubernur Wilayah Bryansk Alexander Bogomaz di akun Telegramnya. “Sebuah kendaraan udara tak berawak Ukraina menyerang Distrik Klimovsky pagi ini,” tulis Klimovsky. “Tidak ada yang terluka. Sebuah instalasi listrik rusak akibat serangan yang dilakukan. Tidak ada listrik di pemukiman,” kata pejabat itu. Layanan penyelamatan sedang bekerja di lokasi kejadian.

Komentar