‘Senjata Kiamat’ Siap di Tes, NATO Waswas Kirim Laporan Ke Intelijen Soal Uji Coba Torpedo Nuklir Poseidon

“Faktanya, itu selanjutnya akan muncul di perairan Kutub Utara untuk serangkaian tes rahasia.” Kapal selam nuklir BS-329 Belgorod awalnya dibangun sebagai kapal selam Project 949A Antey, menurut NATO diklasifikasikan sebagai Oscar-II.

Namun, itu diubah saat sedang dibangun. Kapal selam sepanjang 184 meter itu kini menjadi kapal selam terpanjang yang ada saat ini. Belgorod secara resmi dipindahkan ke layanan Angkatan Laut Rusia pada 8 Juli 2022.

Perbedaan utama antara Belgorod dan semua kapal selam nuklir lainnya di dunia adalah kemampuannya yang potensial untuk membawa torpedo nuklir Poseidon, yang mampu melakukan perjalanan ratusan mil di bawah air dan menyebabkan “tsunami nuklir” dengan meledak di dekat pantai.

 Pada saat yang sama, Amerika Serikat membuat jaringan satelit dengan sensor inframerah tepat untuk merekam peluncuran senjata Rusia ini.

Hans Christensen, direktur Proyek Informasi Nuklir di Federasi Ilmuwan Amerika, mengatakan torpedo Poseidoen sebenarnya masih dalam pengembangan.

Komentar