Setujui Proposal Gencatan Senjata Biden Di Gaza, AS Sambut Baik Dukungan Maroko

JurnalPatroliNews – AS, – Maroko, akhirnya memutuskan untuk mendukung rencana gencatan senjata tiga tahap yang ditawarkan Joe Biden, Presiden Amerika Serikat. Hal itu, tentunya mendapat sambutan baik dari pihak AS.

Melalui percakapan telepon antara Nasser Bourita, Menteri Luar Negeri – Kerjasama Afrika dan Ekspatriat Maroko, dengan Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS, terungkap rasa terima kasih Washington kepada Maroko, atas kontribusinya terhadap dukungan kemanusiaan di Jalur Gaza.

“Menteri menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Raja Mohammed VI atas kontribusi kemanusiaan Maroko di Gaza,”ujar Nasser Bourita dalam sebuah pernyataan, Rabu (5/6/24).

Blinken juga turut menyoroti pentingnya dukungan Maroko terhadap proposal Biden, yang diyakini mampu mendorong perdamaian di kawasan Timur Tengah.

“Dukungan itu akan sangat bermanfaat bagi warga Palestina dan Israel, memungkinkan peningkatan bantuan kemanusiaan ke Gaza, memungkinkan kembalinya para pengungsi ke Daerah-daerah di seluruh Gaza, dan memungkinkan dimulainya upaya rekonstruksi internasional,” tutur Blinken.

Adapun Menlu Bourita, menyatakan dukungan Maroko terhadap peta jalan Biden, menuju gencatan senjata permanen di Jalur Gaza, dan berharap pihak-pihak yang berkonflik dapat menyetujuinya.

“Kerajaan Maroko berharap berbagai pihak terkait, akan mematuhi inisiatif ini dan berkomitmen untuk melaksanakan berbagai tahapannya,” tandasnya.

Komentar