Soal Serangan Rusia, Uskup Agung Anglikan: Putin Telah Buka ‘Gerbang Neraka’

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Petinggi agama kini ramai-ramai bersuara soal serangan Rusia ke Ukraina. Terbaru, ini dilakukan Uskup Agung Anglikan Justin Welby.

Pemimpin tertinggi Persekutuan Anglikan sedunia itu menyebut perang yang dilancarkan Presiden Vladimir Putin telah membuka “gerbang neraka”. Invasi telah melepaskan semua bentuk kejahatan di seluruh dunia, dari pembunuhan, pemerkosaan hingga kelaparan dan utang di Afrika dan Eropa.

Hal ini dikatakannya di tengah wawancara dengan media Inggris BBC, sebagaimana dikutip AFP, Senin (19/12/2022). Welby sendiri pernah melakukan perjalanan ke Ukraina di akhir November untuk bertemu dengan para pemimpin gereja dan umat Kristiani setempat serta mereka yang terlantar akibat konflik.

“Efektifnya kita berada dalam perjuangan yang sama sekaligus. Ketika Ukraina diserbu atas keputusan Presiden (Vladimir) Putin, gerbang neraka dibuka dan setiap kekuatan jahat keluar ke seluruh dunia,” katanya.

“Saya berada di Mozambik seminggu sebelum saya berada di Ukraina di mana terjadi kelaparan sampai ke pantai Afrika Timur,” tambahnya.

“Ada inflasi…ada krisis energi, ada penderitaan, ada kekurangan obat-obatan, semua kejahatan telah dilepaskan dan sampai ada penarikan dan gencatan senjata, kami tidak dapat membuat kemajuan dalam rekonsiliasi,” tegasnya.

Di Inggris misalnya, ujarnya lagi, kenaikan harga makanan dan bahan bakar setidaknya sebagian didorong oleh konflik Rusia-Ukraina. Ini telah mengakibatkan kenaikan 400% pada jumlah orang yang mencari bantuan makanan lewat bank makanan gratis, selama 18 bulan terakhir.

“Kami melihat utang meningkat, tekanan pada keluarga di semua tingkatan,” katanya lagi seraya menyebut perang Rusia di Ukraina sebagai sebuah tindak kejahatan besar.

Komentar