Sudah Ada Tanda-tanda, Jika Kesehatan Menurun, Paus Fransiskus Sudah Teken Surat Resign

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Paus Fransiskus mengaku telah menandatangani surat pengunduran diri yang akan digunakan jika suatu saat dirinya tak dapat menjalankan kewajibannya.

Surat pengunduran diri tersebut, kata Paus Fransiskus, telah ditulis beberapa tahun lalu. Ia memberikan surat resign itu kepada Sekretaris Negara Vatikan saat itu, Kardinal Tarcisio Bertone.

“Saya sudah menandatangani pengunduran diri saya. Sekretaris Negara saat itu adalah Tarcisio Bertone. Saya menandatanganinya dan berkata: ‘Jika kondisi saya menjadi terganggu karena alasan medis atau apa pun, inilah pengunduran diri saya,’” kata Paus Fransiskus, dikutip rekan media, Minggu (18/12).

Kendati demikian, Paus Fransiskus mengaku tak tahu menahu kepada siapa Kardinal Bertone memberikan surat pengunduran dirinya.

“Saya tidak tahu kepada siapa Kardinal Bertone memberikan surat itu, tetapi saya menyerahkan surat itu kepadanya ketika dia menjadi sekretaris negara,” imbuh Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus mengatakan Paus Paulus VI dan Saleh XII sebelumnya juga telah menyusun surat pengunduran diri mereka apabila kondisinya menurun.

Selain masalah lutut yang dideritanya, Paul Fransiskus tampak sehat. Ia kerap terlihat menggunakan tongkat dan terkadang kursi roda karena sakit di lutut kanannya.

Sebelumnya, beredar rumor Paus Fransiskus berencana mengundurkan diri pada beberapa bulan terakhir. Ia pun membantah desas-desus tersebut.

Tak hanya itu, Paus Fransiskus juga menegaskan dirinya tidak menderita kanker.

“Dokter saya tidak memberi tahu saya apa-apa tentang itu,” kata Paus Fransiskus kepada Reuters, beberapa waktu lalu.

Rumor mundur semakin kencang terdengar usai Paus Fransiskus sempat absen dalam beberapa tugas dan acara di Vatikan mulai dari pertemuan dengan para kardinal dunia, upacara pelantikan kardinal baru, hingga lawatan ke Kota L’Aquila di Italia.

Komentar