Taliban Kuasai Afghanistan, Rusia Kirim Peralatan Militer Besar-besaran ke Tajikistan

JurnalPatroliNews Jakarta – Sejumlah peralatan militer, termasuk 12 kendaraan lapis baja milik Rusia telah ditempatkan di Tajikistan.

Pengerahan militer itu dilakukan untuk mendukung Tajikistan di tengah perkembangan situasi di negara tetangganya, Afghanistan.

Selain itu, Kementerian Pertahanan Rusia juga mengatakan, Moskow telah mengadakan latihan militer di Tajikistan dan memperluas perangkat keras di pangkalan militernya di sana, yang terbesar di negara asing.

Kementerian mengatakan, pengalihan perangkat keras, yang juga mencakup peralatan tempur jarak dekat dan perlengkapan pelindung, akan memodernisasi dan secara signifikan meningkatkan kemampuan militer Tajikistan.

Semua dilakukan sejak penarikan pasukan AS dari Afghanistan dan pengambilalihan kilat oleh Taliban.

Dimuat Reuters, Rusia khawatir tentang potensi jatuhnya ilayah tersebut dan kemungkinan gerilyawan Islam menyusup ke Asia Tengah, yang dilihat Moskow sebagai penyangga pertahanan selatannya.

“Dengan latar belakang ketidakstabilan yang berkembang di dekat perbatasan selatan Tajikistan, kami bekerja sama untuk memastikan keamanan negara bagian kami,” kata Mayor Jenderal Yevgeny Tsindyaikin pada Sabtu (11/9).

Perbatasan Tajikistan dengan Afghanistan membentang sepanjang 1.344 km, dan sebagian besar bergunung-gunung dan sulit untuk dijaga aparat.

Komentar