Tegang..! Bantah Tuduhan Komisi Eropa, Rusia Siap Buka Blokade Kapal Ukraina. Tapi Tidak Gratis!

Kapal kargo berlabuh di pelabuhan Laut Hitam Odesa. (Foto: Reuters)

JurnalPatroliNews – Moskow,- Tuduhan Eropa yang mengatakan Moskow memblokir pasokan gandum dan Minyak Goreng dari Ukraina, direspon tegas Rusia. Negeri Beruang Merah itu siap untuk menyediakan koridor di pelabuhan bagi kapal-kapal yang membawa makanan dari Negara itu, namun tidak dilakukan secara gratis.

Andrei Rudenko, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, mengatakan, ini baru bisa dilakukan, jika Rusia mendapatkan imbalan pencabutan beberapa sanksi.

Bacaan Lainnya

“Kami selalu siap untuk berdialog dengan semua orang yang berjuang untuk Perdamaian, untuk penyelesaian damai semua masalah,” ujarnya, dikutip Interfax kantor berita Rusia, Rabu (25/5/22).

“Kami telah berulang kali berbicara tentang hal ini bahwa solusi untuk masalah pangan memerlukan pendekatan yang Komprehensif, termasuk penghapusan pembatasan sanksi yang dikenakan pada Ekspor Rusia dan Transaksi keuangan,” lanjutnya.

Sebelumnya, Ursula von der Leyen, Presiden Komisi Eropa, menuduh Rusia “mempersenjatai” pasokan makanan di Ukraina dengan memblokir ekspor produk dasar seperti gandum dan minyak goreng dari Negara itu.

Dampaknya, harga pangan Dunia meningkat sebagai akibat dari penurunan Ekspor. Akan tetapi, Rusia membantah tuduhan menggunakan makanan untuk menekan sekutu Ukraina agar melonggarkan sanksi.

Pos terkait