Tentang Asal-Usul Covid-19, AS dinilai Tidak Jujur dan Menutupi

JurnalPatroliNews – Jakarta –Jika selama ini China yang dituduh menghalang-halangi penyelidikan asal-usul Covid-19, kini tudingan serupa diarahkan ke Washington.

RT melaporkan,  dokumen yang diterbitkan pada Rabu (15/9) oleh jurnal medis yang berbasis di Inggris, Lancet, mengungkapkan bahwa AS telah mencegah penelitian independen tentang asal-usul virus yang telah memicu pandemi global Covid-19.

Pihak berwenang AS dikatakan telah melarang para peneliti mengakses laboratorium yang relevan dan menolak untuk mengungkapkan informasi lengkap tentang studi AS tentang virus dan kemungkinan manipulasi gennya.

“Peneliti independen belum menyelidiki laboratorium AS yang terlibat dalam manipulasi laboratorium virus mirip SARS-CoV,” kata laporan itu sambil membahas potensi asal-usul infeksi Covid-19.

“Mereka juga tidak mendapatkan akses ke penelitian yang dilakukan di laboratorium Wuhan, yang telah dianggap sebagai tempat yang memungkinkan penyakit itu berasal,” tambah dokumen itu.

Laporan tersebut juga mengungkap sikap Institut Kesehatan Nasional AS (NIH) yang menolak mengungkapkan rincian penelitian yang dilakukan di Amerika tentang virus terkait SARS-CoV, yang telah didukung oleh badan pemerintah AS.

“Akhirnya, hanya data yang telah disunting secara luas yang mereka berikan,” kata dokumen itu, menambahkan bahwa itu hanya berisi informasi seadanya dari sebenarnya yang diperlukan oleh tuntutan hukum undang-undang Kebebasan Informasi.

Kurangnya data yang diperlukan tentang asal-usul virus masih menghalangi para peneliti untuk menentukan asal-usul virus, walaupun hampir semua hipotesis di bidang ini tetap masuk akal.

Secara khusus, dikatakan bahwa ada dua jalur utama yang mungkin kemunculan virus masih harus dipertimbangkan, yaitu peristiwa limpahan alami, di mana seseorang tertular dari hewan, dan insiden di pusat penelitian.

Komentar