Terbaru! Bikin Ampuh, China Bawa Kabar Baik Soal Vaksin Covid-19

Foto:thestar.com

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Sebuah penelitian menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 mRNA terbaru yang dikembangkan China disebut-sebut ampuh dalam memancing kekebalan manusia terhadap virus corona. Tak tanggung-tanggung, vaksin itu dapat memicu respons imun pada sebanyak 95% penerima.

Dalam sebuah laporan yang terbitkan Senin, (24/1/2022), kesimpulan itu didapat setelah vaksin yang dikenal sebagai ARCoV itu melewati uji klinis fase satu di Rumah Sakit Shulan di Hangzhou, provinsi Zhejiang. Uji itu merekrut 120 orang dewasa sehat berusia 18 hingga 59 tahun untuk secara acak ditugaskan menerima suntikan vaksin atau plasebo.

Bacaan Lainnya

Kemudian, subjek dibagi menjadi beberapa kelompok yang mengambil dosis vaksin yang berbeda berkisar antara lima mikrogram (mcg) dan 25mcg. Tercatat, 118 peserta menerima dua dosis dengan jarak 28 hari.

“Antibodi penetral ditemukan di antara 80% hingga 95% peserta yang menggunakan dua dosis vaksin, bervariasi dengan dosis yang mereka terima,” sebut laporan itu sebagaimana dikutip Straits Times.

“Kelompok yang menerima suntikan 20mcg menunjukkan tingkat antibodi-positif tertinggi, hingga 95%.”

Dalam penelitian itu, disebutkan juga para penerima vaksin mengalami efek samping yang ringan. Meski begitu, tidak ada satu pun efek samping parah yang dilaporkan di antara peserta.

Sementara itu, ARCoV juga dilaporkan sedang dalam uji coba fase tiga di Meksiko, Indonesia, dan Nepal. Namun, sejauh ini belum ada rilis yang mencantumkan hasil dari studi fase dua dan tiga.

Vaksin ARCoV sendiri merupakan vaksin yang dikembangkan bersama oleh Walvax Biotechnology, Suzhou Abogen Bioscience dan PLA Academy of Military Science. Vaksin ini menggunakan teknologi mRNA yang berarti bahwa vaksin itu bekerja dengan mekanisme rekayasa sel genetik untuk memancing antibodi.

Pos terkait