Tolak Klaim Ukraina, Rusia geram! Dituding Meledakkan PLTN Zaporozhye

JurnalPatroliNews – Moskow – Pemerintah Rusia dengan tegas menolak klaim Ukraina dan AS yang menyebutkan bahwa Moskow ingin mencuri listrik dengan meledakkan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhye. Penolakan atas laporan yang dimuat Wall Street Journal itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Rusia pada Selasa (16/8) waktu setempat.

Mengutip para pemimpin Ukraina, pakar tenaga nuklir internasional dan staf pabrik, WSJ dalam laporannya mengatakan bahwa serangan artileri baru-baru ini terhadap PLTN Zaporozhye adalah langkah yang disengaja dalam tujuan Rusia yang lebih luas, yaitu “mencuri kekuatan (Zaporozhye) dengan memutuskan hubungannya dengan wilayah Ukraina yang tersisa.”

Mereka yang dikutip dalam catatan itu termasuk Mikhail Podolyak, penasihat Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, dan mantan kepala energi di kedutaan AS di Kiev, Suriya Jayanti.

WSJ juga mengklaim telah berbicara dengan pekerja pabrik, anggota keluarga, dan kolega yang melarikan diri ke tempat yang aman, yang berarti, wilayah yang dikuasai Ukraina.

Jayanti mengklaim bahwa Rusia ingin memutuskan ZNPP dari jaringan listrik Ukraina untuk mengacaukan pasar energi global, tetapi juga membiarkan Kiev bergantung pada UE, di mana harga listrik meroket.

“Laporan itu adalah penghancuran lengkap hubungan antara sebab dan akibat,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam tanggapannya, menjuluki klaim WSJ disinformasi, seperti dikutip dari RT, Rabu (17/8).

“Kesimpulannya menunjukkan dirinya sendiri: dengan menghancurkan infrastruktur energi, rezim Kiev mengekspos jutaan orang di benua Eropa pada bahaya bencana nuklir, dengan bantuan Washington,” kata kemenlu Rusia, mencatat bahwa WSJ, yang terletak di seberang lautan, tampaknya tidak peduli.

Kementerian juga mengatakan bahwa Ukraina telah berulang kali menargetkan pembangkit listrik tenaga nuklir dengan artileri, roket dan bahkan pesawat tak berawak kamikaze, menambahkan bahwa Rusia telah memberikan buktinya kepada Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan Dewan Keamanan PBB.

Pasukan Ukraina juga dituduh membom pembangkit listrik tenaga air Kakhovskaya – yang berada di bawah kendali Rusia – yang memasok ZNPP dengan air pendingin.

Komentar