Internasional

Trouble Engine! Pilot Gercep Mendaratkan Pesawat di Jalan Tol

Avatar
×

Trouble Engine! Pilot Gercep Mendaratkan Pesawat di Jalan Tol

Sebarkan artikel ini
Pesawat mendarat di jalan raya Foto: Screenshoot AFP

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sebuah pesawat Piper PA-28-151 mendarat darurat di jalan tol. Ini lantaran pesawat mengalami engine trouble dan tak mungkin mencapai bandara terdekat.

Dikutip Carscoops, Minggu (31/10/2021) pesawat terpaksa melakukan pendaratan darurat di jalan tol, tak lama setelah lepas landar dari bandara Buttonville, Markham, Ontario, Amerika Serikat. Sersan Polisi Wilayah Ontario, Kerry Schmidt mengatakan bahwa penyebabnya karena pesawat mengalami masalah pada mesin.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Beruntung, pilot dan seorang instruktur bisa melakukan pendaratan yang aman tanpa merusak pesawat atau kendaraan lain yang tengah melintas.

“Tentu saja ini bikin kaget pengendara di bawahnya dan jelas pengalaman yang sangat menegangkan bagi pilot di udara karena mereka turun tanpa pilihan lain, tetapi sekali lagi, mereka melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Schmidt.

Para awak pesawat sedang dalam perjalanan ke Grimsby, Ontario, yang berjarak sekitar satu jaml. Tapi di tengah perjalanan, pesawat mengalami masalah mesin, mereka memberi tahu kontrol lalu lintas udara, tetapi bandara terdekat tidak dapat dijangkau. Sebab itu memilih untuk mendarat di jalan raya sebagai alternatif.

Pesaat berjenis Cherokee Warrior (PA-28-151) ini merupakan lansiran tahun 1970-an. Schmidt mengatakan tidak ada masalah pada pengecekan sebelumnya, dan pesawat dinyatakan laik terbang. Kini pesawat telah diangkat dengan aman ke trailer dan ditarik dari jalan tol.

Penulis: detik.comEditor: Raditya Pradipta