Uni Eropa Mengeluarkan Ultimatum Kepada Putin Atas Perang di Ukraina

Jurnalpatrolinews – Brussels : Hubungan antara Rusia dan Uni Eropa berada pada level yang rendah, tetapi ini dapat diperbaiki jika, antara lain, Kremlin mulai mematuhi perjanjian Minsk.

Ini, seperti yang dilaporkan oleh layanan pers Dewan Eropa, dalam percakapan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 22 Maret, kata Presiden Dewan Eropa.

“Presiden Michel mengungkapkan pandangan bahwa hubungan antara UE dan Rusia berada pada tingkat yang rendah dan menegaskan kembali pendekatan UE terhadap lima prinsip panduan berdasarkan nilai-nilai inti UE. Saat ini (antara Moskow dan Brussel –  Red .) adalah perbedaan dalam banyak masalah “ , – kata Dewan Eropa.

Charles Michel menyampaikan ultimatum kepada Putin: hubungan antara UE dan Federasi Rusia dapat berkembang ke arah yang positif jika Rusia berpegang pada aturan tertentu, khususnya:

  • untuk memenuhi kesepakatan Minsk dalam masalah penyelesaian situasi di bagian Donbass yang diduduki;
  • menghormati hak asasi manusia (merupakan simbol bahwa baru hari ini Brussels menuduh Rusia melanggar hak kaum gay di Chechnya dan  menjatuhkan sanksi terhadap dua pejabat lokal );
  • berhenti melakukan serangan hybrid dan cyber terhadap negara-negara anggota UE;

Seperti dicatat di Kremlin, Putin juga mengatakan tentang “keadaan hubungan Rusia-UE yang tidak memuaskan,” menyebut hubungan para pihak “tidak konstruktif, terkadang konfrontatif,” tetapi pada saat yang sama menolak untuk bertanggung jawab atas situasi di Federasi Rusia. .

Percakapan antara Putin dan Michel berlangsung pada malam KTT Dewan Eropa selama dua hari, yang akan diadakan pada 25-26 Maret.  (***/. dd – quickr)

Komentar