Waduh! Kapal Induk Nuklir AS Tiba di Korea Selatan Usai Pertemuan Putin dan Kim Jong Un

JurnalPatroliNews – Korsel – Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat, USS Theodore Roosevelt (CVN-71), telah tiba di pelabuhan Busan, Korea Selatan, pada Sabtu (22/6/2024).

Kedatangan kapal ini terjadi setelah pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Pyongyang, Korea Utara, pada Selasa (18/6/2024). Pertemuan tersebut diklaim sebagai bentuk kerja sama bilateral di bidang pertahanan antara kedua negara.

Menurut laporan dari Reuters, Angkatan Laut Korea Selatan menyatakan bahwa kedatangan kapal induk ini adalah untuk mengikuti latihan militer gabungan dengan Korea Selatan dan Jepang pada bulan ini.

Ketiga negara tersebut sepakat untuk mengadakan latihan militer tahunan dalam pertemuan puncak Camp David pada Agustus 2023, sebagai respons terhadap “perilaku berbahaya dan agresif” China di Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Kunjungan ini dilakukan tujuh bulan setelah kapal induk AS lainnya, Carl Vinson, mengunjungi Korea Selatan dalam upaya pencegahan terhadap program nuklir dan rudal Korea Utara.

USS Theodore Roosevelt berlabuh di pangkalan angkatan laut di Busan, sekitar 320 kilometer tenggara Seoul, bersama kapal perusak yang dilengkapi sistem Aegis, USS Halsey dan USS Daniel Inouye.

Dilansir dari Yonhap News Agency, AS, Korea Selatan, dan Jepang sepakat untuk meluncurkan latihan tersebut selama pembicaraan tiga pihak yang diadakan di sela-sela konferensi keamanan Dialog Shangri-La awal bulan ini. Latihan ini akan mencakup berbagai domain, termasuk udara, maritim, bawah air, dan dunia maya.

Angkatan Laut Korea Selatan menyatakan bahwa kunjungan kapal ini menunjukkan komitmen pencegahan AS serta memperkuat hubungan militer antara Korea Selatan dan AS, sambil menegaskan kesiapan untuk merespons ancaman yang terus berkembang dari Korea Utara.

Komentar