3 Langkah Untuk Bersantai Setelah Hari Yang Berat Di Tempat Kerja

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Setelah pekerjaan hari itu selesai, saat itulah bagian yang mudah datang, bukan? Tidak selalu, kata psikolog, dan dalam praktiknya bersantai tidak sesederhana itu.

Berjalan-jalan, membaca buku dan bertemu dengan teman-teman kedengarannya seperti cara yang bagus untuk melepas lelah setelah hari yang melelahkan, namun banyak dari kita masih berjuang untuk bersantai dengan benar jika stres di tempat kerja, terutama selama pandemi ini.

Ini bisa menjadi masalah karena hormon stres kortisol, yang ironisnya juga memungkinkan Anda bekerja secara efisien, kemudian tidak cukup berkurang, kata Julia Krampitz, seorang ahli kesehatan yang mengkhususkan diri dalam psikologi tempat kerja di Jerman.

Dalam jangka panjang, tidak sehat jika pikiran Anda terus berputar di sekitar masalah pekerjaan bahkan lama setelah Anda mematikan komputer. Hanya mereka yang rileks yang benar-benar bisa istirahat dan pulih.

Untungnya, ada beberapa trik yang dapat membantu Anda melakukannya.

  1. Matikan perangkat Anda

Langkah pertama menuju relaksasi sekaligus yang paling sederhana dan terberat, dan banyak yang akan kesulitan untuk mengikuti: Matikan komputer dan ponsel cerdas Anda – MATI, dan bukan hanya mode pesawat.

Dan jangan hanya beralih ke perangkat lain seperti TV. Dengan mematikan apa pun yang masih memberi Anda sinyal, mode siaga simbolis dibuat dan tubuh serta pikiran Anda akan lega.

  1. Kuasai rutinitas akhir hari Anda

Pertama, masukkan smartphone ke dalam tas, lalu rapikan meja dan matikan komputer. Kemudian Anda memakai mantel Anda dan mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja Anda.

Sangat mudah untuk meremehkan pentingnya cara Anda meninggalkan tempat kerja. Tetapi dengan melakukannya secara sadar dan dengan rutinitas yang sama setiap saat, Anda akan mengkomunikasikan ke benak Anda bahwa pekerjaan sudah benar-benar selesai sekarang – tidak ada lagi pemikiran yang berputar-putar tentang apa yang seharusnya Anda katakan dalam rapat.

  1. Temukan momen untuk diri sendiri

Anda mungkin telah meninggalkan tempat kerja Anda, tetapi itu tidak berarti Anda telah berhenti bekerja. Tidak hanya pekerjaan Anda yang sebenarnya tetapi juga tugas-tugas harian seperti penitipan anak, bersih-bersih, dan bepergian akan membebani pikiran dan tubuh Anda.

Inilah sebabnya mengapa meluangkan waktu kecil untuk diri sendiri sangat penting – saat-saat di mana Anda menikmati secangkir minuman favorit Anda atau mandi atau berendam. Apa pun itu, perawatan diri secara sadar sangat penting dalam hal relaksasi.

Pos terkait