Angka Kematian Covid-19 Naik hingga 3,7 Persen, Jawa Tengah Tertinggi

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Dalam sepekan terakhir angka kematian akibat Covid-19 naik hingga menyentuh angka 3,7 persen meski angka kasus positif menurun. 

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, berdasarkan data hingga 2 Mei 2021, kasus positif baru kembali mengalami penurunan sebesar 2,1 persen, tetapi perkembangan yang kurang baik terjadi pada kasus kematian dan kesembuhan.

Sementara, angka kematian dari Covid-19 mengalami kenaikan 3,7 persen dari minggu sebelumnya. Sementara itu, angka kesembuhan mengalami penurunan yang cukup besar yaitu 17,1 persen.

“Saya ingin mengingatkan kepada provinsi yang mengalami kenaikan kasus tertinggi di minggu ini yaitu Riau naik 718, Jawa Barat naik 621, Kepulauan Riau naik 228, Aceh naik 183, dan NTB naik 180 untuk segera dapat mengantisipasi adanya kenaikan kasus ini jangan sampai keadaan ini bertahan lama dan diharapkan dapat segera mengalami perbaikan di minggu berikutnya,” kata Wiku dalam siaran pers, dikutip Rabu (5/5).

Berikutnya, untuk kasus kematian, terdapat lima provinsi dengan kenaikan angka kematian tertinggi pada pekan ini. Yakni, Jawa Tengah naik 35 kematian, Riau naik 24 kematian, NTB naik 15 kematian, dan NTT naik sejumlah 9 kematian.

“Angka kematian yang meningkat serta angka kesembuhan yang menurun harus menjadi alarm bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaannya,” jelas Wiku.

Berikutnya, berkenaan perkembangan kasus aktif, Wiku memperingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaannya.

Alasannya, angka kasus aktif yang sebelumnya sempat mengalami penurunan secara signifikan, saat ini justru bergerak stagnan.

(askara)

Komentar