Bantu Masyarakat Hadapi Stres Akibat Pandemi, Pemerintah Siapkan Layanan Psikolog ‘Sehat Jiwa’

  • Whatsapp
Kredit Foto: Instagram/Wiku Adisasmito

JurnalPatroliNews Jakarta – Situasi pandemi juga memengaruhi kondisi psikologis masyarakat sehingga banyak yang mengalami stres, khawatir, dan berbagai macam gangguan lainnya. Untuk itu, pemerintah tengah mempersiapkan layanan pengobatan psikologis yang disebut ‘Sehat Jiwa’ atau ‘Sejiwa’ untuk membantu masyarakat mengatasi gangguan psikologisnya.

“Pemerintah bermitra dengan beberapa organisasi lainnya, termasuk himpunan psikologi Indonesia, mengajak masyarakat memanfaatkan layanan psikologi Sejiwa atau Sehat Jiwa,” jelas Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7/2021).

BACA JUGA :

Ia menjelaskan, masyarakat cukup menghubungi hotline 119 extension 8 untuk bisa mengakses layanan tersebut.

Lebih lanjut, Wiku mengaku menerima banyak laporan terkait masyarakat yang mengalami gangguan psikis akibat tekanan sosial, kondisi keluarga, hingga masalah ekonomi akibat pandemi yang tak kunjung usai.

“Fasilitas ini akan memberikan layanan psikologi untuk keluhan seperti kekhawatiran, kecemasan, ketakutan, atau stres langsung dari para ahlinya,” tutur Wiku.

Kehadiran fasilitas ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengatasi kondisi psikisnya sehingga tidak hanya akses kesehatan fisik yang difasilitasi, tetapi juga kesehatan secara mental.

“(Sejiwa) diharapkan mampu membantu masyarakat untuk menjadi sehat secara menyeluruh,” kata Wiku.

Pos terkait