BPK Bakal Audit Realisasi Anggaran COVID-19 Bitung

JurnalPatroliNews – Bitung – Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri melakukan entry meeting dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Sulut, Rabu (18/08/2021).

Entry meeting itu digelar secara virtual dengan tim pemeriksa BPK dipimpin Ketua BPK perwakilan Provinsi Sulut, Karyadi.

Adapun entry meeting BPK ini terkait Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja atas Upaya Pengelolaan Vaksinasi Dalam Rangka Percepatan Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Instansi Terkait Lainnya Tahun Anggaran 2021 secara Work From Office (WFO BPK) dan Pemeriksaan di Entitas (WFE) di Manado dan Bitung.

Menurut Karyadi, pemeriksaan itu sesuai ketentuan Pasal 6 ayat (1) dan ayat (3) Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, pada Semester II Tahun 2021 BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan Pemeriksaan Kinerja atas Upaya Pengelolaan Vaksinasi Dalam Rangka Percepatan Penanggulangan Pandemi COVID-19 pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Instansi Terkait Lainnya di Manado dan Bitung.

“Pemeriksaan telah dimulai tanggal 9 Agustus 2021 dan direncanakan selesai sampai dengan 7 September 2021,” kata Karyadi.

Rencana pemeriksaan itu disambut positif Wali Kota dan menyatakan pihaknya siap untuk menerima tim pemeriksa dari BPK perwakilan Provinsi Sulut.

Maurits juga sedikit memberikan gambaran soal upaya penanganan dan pengendalian COVID-19 di Kota Bitung yang dilakukan secara gotong royong oleh semua instansi.

Juga, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bitung ini memaparkan soal daerah-daerah di Kota Bitung yang masuk zona merah, orange, kuning dan hijau.

“Intinya kami siap untuk menyambut tim pemeriksa BPK serta menyiapkan berkas-berkas yang nantinya akan diperiksa oleh tim,” kata Maurits.

Hadir juga dalam entry meeting BPK itu, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Bitung, dr Pitter Lumingkewas dan Plt Inspektorat Kota Bitung, Joke Senduk.

(abinenobm)

 

Komentar