Dokter Reisa Minta Anak-anak Tidak Banyak Berpergian Selama Covid-19 Belum Terkendali

JurnalPatroliNews, Jakarta – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro meminta anak-anak untuk mengurangi jalan-jalan ke luar rumah selama kasus Covid-19 belum terkendali dengan baik.

“Kurangi jalan-jalan ke luar, sabar sedikit agar tidak membuat diri kita sendiri jadi sakit atau membuat keluarga jadi sakit,” ujar Reisa dalam siaran pers virtual dalam rangka Hari Anak Nasional 2021, Jumat (23/7/2021).

Reisa mengajak masyarakat untuk tetap melakukan aktivitas produktif di rumah bersama dengan keluarga masing-masing. Dengan demikian, keluarga bisa lebih terlindungi dari risiko terpapar Covid-19.

“Semakin sedikit yang keluar rumah, maka semakin kecil kemungkinan virus Corona ini ditularkan dari satu manusia ke manusia lainnya,” jelas Reisa.

Menurut Reisa, banyak masyarakat yang patuh pada protokol kesehatan dengan tetap melakukan aktivitas di dalam rumah. Selain itu, selama penerapan PPKM Darurat hingga Level 4 beberapa minggu ini berhasil menurunkan kegiatan rekreasi dan wisata masyarakat.

Akan tetapi, Reisa juga menyampaikan masih ada sebagian masyarakat yang tidak patuh pada imbauan menjaga jarak dan menghindari keramaian.

“Data menunjukkan 11 persen masyarakat Indonesia tidak jaga jarak dan tidak menghindari kerumunan. Ini artinya 1 dari 10 orang masih suka berkerumun,” terangnya.

Reisa menyayangkan sikap masyarakat yang abai pada imbauan tersebut, sebab menurutunya pandemi harus dihadapi bersama-sama.

“Padahal, cara mengakhiri pandemi itu harus dengan berusaha bersama, harus bareng-bareng. Kebiasaan seperti ini jangan dicontoh ya, kita teruskan kebiasaan yang baik-baik saja,” tuturnya.

(wte)

Komentar