Hadirkan Layanan Digital, Peserta JKN-KIS: Cepat dan Gak Ribet

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan, membuat Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merasakan manfaatnya.

Alfian, salah satu Peserta JKN-KIS, warga Serpong, Tangerang Selatan, mengatakan, Inovasi tersebut sangat membantunya untuk mengakses beragam layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Ia juga mengungkapkan Inovasi teranyar ini jauh lebih baik dari pelayanan sebelumnya.

“Pelayanannya bagus kok, gak ribet. Malah lebih bagus daripada yang dulu. Dulu harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Apa-apa ke kantor. Sekarang lewat WhatsApp sudah bisa semua. Mulai dari pengurusan Administrasi peserta dan tanya apapun bisa di situ. Sangat terbantu sekali,” ungkap Alfian, kepada JPN, Senin (27/12).

“Sekarang, apa-apa serba Online. Jadi gak perlu ribet-ribet. Untuk masyarakat juga jangan ragu untuk menjadi Peserta JKN-KIS. Menjadi peserta sangat membantu, kalau mau berobat sudah tidak bayar. Tadi saya ke klinik/Rumah Sakit gak perlu bayar-bayar lagi, sedangkan kalau tidak pakai JKN masih bayar,” pungkasnya.

Layanan daring yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan memang dihadirkan untuk memberikan kemudahan akses kepada para peserta. Tak hanya PANDAWA, ia juga menjelaskan, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan daring seperti Chat Asisten JKN (CHIKA), aplikasi Mobile JKN, dan Care Center 165.

Meskipun begitu, ia mengatakan, layanan tatap muka yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan juga masih bisa diakses oleh para peserta JKN-KIS. Dengan mengkombinasikan layanan online dan offline diharapkan para peserta dapat lebih terlayani serta lebih mengefisien waktu mereka.

Komentar