Hasil Pemeriksaan WGS, Dinkes Tangerang Selatan Sebut 28 Warga Terpapar Covid-19 Varian Omicron

JurnalPatroliNews – Tangerang Selatan – Dinas Kesehatan kota Tangerang Selatan mencatat sampai saat ini sebanyak 28 warganya terkonfirmasi terpapar Covid-19 varian Omicron. Kasus Omicron itu dipastikan lewat pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS).

“Dibandingkan dengan tahun lalu, memang saat ini keterisian rumah sakit pasien Covid-19 diisi oleh kasus Covid-19 gejala sedang juga ringan,” kata Kepala Dinas Kesehatan kota Tangerang Selatan Allin Hendarlin Mahdaniar, Selasa 15 Februari 2022.

Menurut Allin, untuk mengetahui varian yang menginfeksi pasien Covid-19 harus melalui pemeriksaan WGS.

 “Berdasarkan data yang masuk, sampai tanggal 14 Februari di Tangerang Selatan sudah terdapat 28 orang yang teridentifikasi kasus Covid-19 varian omicron dan semuanya sudah dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Kota Tangerang Selatan, kata Allin memiliki 22 rumah sakit yang melayani pasien Covid-19, dan saat ini tempat tidur yang tersedia untuk isolasi sebanyak 617. Untuk tempat tidur ICU tersedia 55 unit.

“Bila melihat kasus harian memang masih terlihat trennya itu masih meningkat. Kita lihat sekarang ini lebih banyak klaster keluarga tetapi ternyata banyak yang berasal dari tempat kerja,” kata Allin.

Kepala Dinas Kesehatan Tangsel itu mengimbau masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dan menjaga kesehatan tubuh supaya imunitas tetap tinggi, serta mengurangi mobilitas.

“Di bidang kesehatan terus melakukan 3T itu bagaimana pada saat yg terinfeksi harus segera dipisahkan antara yang sakit dan sehat. Bila di rumah bisa isolasi mandiri silakan isolasi mandiri, tapi bila di rumah tidak bisa silahkan bisa datang di terpusat yang ada di Tangerang selatan,” tambahnya.

Komentar