Indonesia Rebut Posisi India, Rocky Gerung: Tak Masalah jika Rakyat Percaya Pemerintah

JurnalPatroliNews Jakarta – Pengamat politik Rocky Gerung mengomentari berita terkait Indonesia yang mengambil alih posisi India sebagai episentrum pandemi Covid-19 di Asia. Menurut Rocky, kondisi itu sebenarnya tak akan menjadi persoalan jika publik memiliki kepercayaan kepada pemerintah.

“Pemerintah tak bisa kasih semacam keyakinan bahwa mereka mampu untuk mengendalikan situasi ini,” ujarnya dalam video di kanal YouTube Rocky Gerung Official, Rabu (16/7).

Rocky menilai bahwa Badan Intelijen Negara (BIN) turut menyelidiki penyebab kasus Covid-19 di Indonesia yang tak kunjung turun adalah hal unik. “Suatu lembaga yang seharusnya mengurus bidang-bidang esensial dalam politik, justru turun untuk menangani Covid-19,” ungkapnya.

Akademisi itu mengatakan bahwa publik kembali masuk ke dalam jebakan kebijakan. Lebih lanjut, Rocky memaparkan bahwa bisa jadi BIN diturunkan tak hanya untuk penanganan dan vaksinasi Covid-19.

“Namun, BIN juga turun untuk memantau buku putih tim pencari fakta kasus penembakan di Tol Cikampek KM 50,” katanya.

Rocky menilai bahwa kasus tersebut seakan terabaikan akibat kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia. Padahal, pihak intelijen harus dilibatkan dalam penyelidikannya.

“Demokrasi itu tak boleh berhenti walaupun kondisi pandemi sedang memburuk,” paparnya.

Komentar