Infeksi Omicron Sangat Menular, Temuan Baru: Setidaknya Selama 6 Hari

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa infeksi virus corona Omicron dapat menular setidaknya selama 6 hari. Temuan ini berdasarkan sebuah studi baru yang meninjau sampel darah dari 56 pasien, termasuk 37 orang yang terinfeksi varian Delta dan 19 yang terinfeksi Omicron.

Semuanya diketahui mengalami sakit ringan, seperti gejala mirip flu, tetapi tidak ada yang dirawat di rumah sakit. Terlepas dari varian mana atau apakah mereka telah divaksinasi atau sudah booster atau tidak, peserta penelitian dapat menularkan virus hidup.

Mengutip Times of India, Dr. Amy Barczak, rekan penulis studi yang bekerja di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston mengatakan bahwa rata-rata pasien yang menjadi subyek penelitian dapat menularkan virus hidup sekitar 6 hari setelah gejala muncul. Selain itu, studi yang sama juga menemukan sekitar satu dari empat orang melepaskan virus hidup selama lebih dari 8 hari.

“Meskipun tidak diketahui secara pasti berapa banyak virus hidup yang diperlukan untuk menyebarkan penyakit ini ke orang lain, kami mengambil data ini untuk menunjukkan bahwa orang dengan infeksi Covid-19 ringan dapat menular rata-rata selama 6 hari, dan terkadang lebih lama,” kata Barczak.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa keputusan tentang isolasi dan karantina harus mempertimbangkan hasil studi tersebut, terlepas dari varian atau status vaksinasi sebelumnya.

Komentar