Kasi Pemakaman Tangsel: Permintaan Ambulans Jenazah COVID Mulai Naik

JurnalPatroliNews – Tangerang Selatan – Permintaan layanan ambulans untuk pasien COVID-19 di Tangerang Selatan mulai naik. Beberapa di antaranya membawa jenazah pasien COVID-19 untuk dimakamkan.

Kasi Pemakaman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Tangsel, Nazmudin, mengatakan saat ini mulai kembali adanya permintaan ambulans untuk masyarakat Tangsel. Dia mengungkapkan mayoritas ini untuk membawa jenazah yang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Ya ini kan belum tinggi ya. Baru 2-3 gitu. Bahasanya bukan tinggi. Tapi udah mulai ada gitu. Untuk bulan lalu boleh dibilang tidak ada,” kata Nazmudin saat dihubungi rekan media, Selasa (8/2/2022).

Dia membeberkan, dalam satu pekan belakangan ini, angka permintaannya sampai lima ambulans. Menurutnya, saat ini pemakaman untuk jenazah terkonfirmasi positif COVID sudah tidak lagi harus di TPU Jombang.

“Seminggu belakangan paling ada 4, 5. Iya kan sekarang bebas ya nggak harus di Jombang. Kita memang di Jombang. Tapi sesuai permintaan masyarakat ya boleh dimakamkan di makam keluarga,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini sudah tidak ada lagi penolakan pemakaman jenazah pasien Covid-19. Hal ini disebabkan masyarakat yang sudah mulai mengerti akan penanganan untuk jenazah tersebut.

Jika dibandingkan dengan Januari, terdapat peningkatan terhadap permintaan ambulans ini. Bahkan peningkatan ini terjadi sampai dua kali lipat.

“Sekarang masyarakat sudah tidak menolak lagi lah istilahnya udah jenazah biasa. Januari ada enam, sementara Februari ini sudah sampai hari ini 15 sementara untuk Desember ada tetapi tidak banyak,” pungkasnya.

Komentar