Kasus Infeksi Cacar Monyet Sudah Masuk Israel, WHO Gelar Pertemuan Darurat

Kasus cacar monyet sudah ditemukan di belasan negara, sebagain besar Eropa, yakni Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Israel.

Spanyol melaporkan 24 kasus baru pada Jumat kemarin, terutama di wilayah Madrid. Pemerintah setempat terpaksa menutup sauna yang menjadi sumber penularan.

Sementara itu sebuah rumah sakit di Israel merawat seorang pria berusia 30 tahunan menunjukkan gejala yang konsisten dengan penyakit tersebut.

Pria itu baru saja tiba dari Eropa Barat. Pertama kali diidentifikasi pada monyet, penyakit ini biasanya menyebar melalui kontak dekat dan jarang menyebar ke luar Afrika.

Temuan kasus ini memicu kekhawatiran. Namun para ilmuwan menilai wabah ini tak akan berkembang menjadi pandemi seperti Covid-19.

Alasannya virus yang menyebabkan cacar monyet tak mudah menyebar seperti SARS-COV-2. Cacar monyet biasanya merupakan penyakit virus ringan, ditandai dengan gejala demam serta ruam bergelombang yang khas.

Komentar