Mengenal Infeksi Pada Jantung Bareng RS Jantung Diagram Siloam Hospitals

Penanganan

Penanganan dengan urutan tindakan sebagai berikut (tergantung kasus):  Pemeriksaan fisik oleh dokter, laboratorium dan kultur darah, rontgen thorax, EKG, USG jantung, CT Scan pun MRI.

Adapun komplikasi yang sangat mungkin timbul pada penderita endokaritis antara lain: Kerusakan katup dan gagal jantung, darah ‘berbakteri’ bila ke jaringan otak stroke, terbentuknya abses, kemudian pengobatannya yang juga tergantung kasus dapat berupa: Pemberian antibiotik intraverna dosis tinggi, operasi jantung dan atau penggantian katup jantung.

Dijelaskan pula, penggantian katup jantung yang memiliki dua jenis yaitu katup jantung ‘biologis’ yang terbuat dari katup jantung, sapi, babi, atau manusia dan katup jantung ‘buatan’ atau disebut juga katup jantung mekanik terbuat dari karbon dan titanium.

dr Frendy menambahkan, ada kerugian dan keuntungan terhadap penggunaan dua macam katup jantung seperti keuntungan pada katup biologis, tidak perlu mengkonsumsi obat pengencer darah jangka panjang karena beresiko rendah pembekuan darah. 

Namun mempunyai kelemahan antara lain: memiliki daya tahan yang lebih lemah 10-20 tahun saja yang artinya memerlukan tindakan operasi ulang bila katup biologis tersebut mulai “rusak”.”

Sedangkan keuntungan pada katub ‘mekanik” adalah daya tahan yang lebih kuat dan lama bahkan seumur hidup pasien, namun beresiko terbentuknya pembekuan darah dan akan terus minum obat pengencer darah bahkan seumur hidup. 

“Walaupun belum diketahui secara lebih dalam, namun disarankan melakukan pencegahan infeksi pada jantung dengan tindakan seperti memperhatikan kesehatan gigi dan gusi serta mulut dengan kontrol setiap 6 bulan,” jelas dr Frendy.

Hal lainnya adalah memastikan (apabila ada) gigi palsu terpasang dengan normal, hindari penyalahgunaan jarum suntik dan beberapa hal tentang kesehatan darah.

Komentar