Peringati Hari Gizi Nasional 2024, Wanita Syarikat Islam Gelar Webinar “AKSI GEMAS” Cegah Stunting

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Dalam rangka peringatan Hari Ibu 2023 dan Hari Gizi Nasional 2024, Wanita Syarikat Islam (WSI) bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden, Sekretariat Wakil Presiden, BKKBN dan Cegah Stunting menggelar webinar bertajuk “Ibu Hebat, Pahlawan Keluarga dalam Pencegahan Stunting” dan peluncuran Komunitas AKSI GEMAS (Atasi AnaK StuntIng untuk GEnerasi eMAS).

Webinar dilakukan melalui zoom pada Sabtu (27/01/2024) siang, dihadiri lebih dari 500 orang peserta yang terdiri dari pengurus dan anggota WSI dari seluruh Indonesia, pimpinan ormas perempuan dan masyarakat umum.

Webinar ini diawali dengan ucapan selamat memperingati Hari Gizi Nasional yang ke-64 dari Kepala Staf Kepresidenan Jend TNI (Purn.) Moeldoko Webinar dibuka oleh Ibu Wury Ma’ruf Amin dan penyampaian pembicara kunci oleh Prof. (H.C) Dr. dr. Brian Sri Prahastuti MPH, tenaga ahli Utama Kantor Staf Presiden sebagai inisiator gerakan Cegah Stunting.

Sedangkan narasumber webinar adalah Wahidah Pahen, S.Sos., M.Si.(Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN), Dr. Ir. Avita A. Usfar M.Sc. (Direktur Dakra Consultant), Dr. Lely Wahyuniar M.Sc., Pengurus Wanita Syarikat Islam, Strategic Information Adviser UNAIDS, Direktur YKBI dan dosen Pasca Sarjana di Stikkes Kuningan, Jawa Barat serta Erni Yanis SE, M.Si., Ketua Bidang Sosial Pengurus Wanita Syarikat Islam.

Istri Wakil Presiden RI Ibu Wury Ma’ruf Amin memberikan apresiasi kepada penyelenggara dan juga para ormas Perempuan dalam upaya pencegahan stunting dan kekurangan gizi lainnya di Indonesia.

”Ibu harus mempunyai literasi yang baik untuk bekal mengasuh buah hatinya, karena dalam keluarga yang sehat akan menghasilkan negara yang kuat sehingga mampu bersaing dengan negara maju lainnya,” ujar Wury.

Menurutnya, laki-laki juga diharapkan berperan serts mendukung perempuan dalam merawat keluarganya dengan maksimal.

Kesimpulan webinar menekankan pengaruh penting nutrisi ibu terhadap pertumbuhan anak, pentingnya pemberian ASI dan makanan pendamping ASI, serta dukungan emosional dan kognitif dari ibu pada anak usia dini.

Ketua Umum PP Wanita Syarikat Islam (WSI), Prof. Dr. Valina Singka Subekti, M.Si., menekankan pentingnya mencegah dan menurunkan stunting dalam upaya menghasilkan generasi emas utk masa depan bangsa.
Generasi penerus bangsa harus sehat fisik dan sehat mental, cerdas fisik dan cerdas mental. Mereka harus memperoleh asupan gizi, pola asuh dan pendidikan yg baik. “Sehingga kita akan mampu menghasilkan generasi yg cerdas secara intellektual, beriman, bertakwa dan berakhlak baik.

Komentar