PKL Hingga Salon Boleh Buka Sampai Pukul 21.00 WIB, Luhut Ingatkan Protokol Covid-19 Harus Ketat

  • Whatsapp
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Net

JurnalPatroliNews Jakarta – Pemerintah resmi mengeluarkan aturan untuk PPKM Darurat level 4 dan 3 yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Adapun sejumlah aturan itu berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali pedagang asongan dan kaki lima.

BACA JUGA :

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan, pemerintah memperbolehkan pedagang kaki lima hingga salon untuk buka seperti biasa dengan menjaga protokol kesehatan secara ketat.

Para pedagang boleh buka hingga pukul 21.00 baik di Pulau Jawa maupun Bali sebagaimana diatur oleh pemerintah setempat.

“Pedagang kaki lima (PKL), toko kelontong, agen outlet voucher, pangkas rambut, laundry pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha kecil lain sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat,” tegas Luhut, Minggu malam (25/7).

Koordinator PPKM Darurat ini meminta kepada seluruh Kepala Daerah atau Gubernur untuk mengatur mekanisme pembukaan toko dan pedagang kaki lima agar bisa taat protokol kesehatan selama diberlakukan PPKM Darurat level 4 dan 3.

“Saya mohon disini Pemda ngatur dan kami sudah briefing. Pemda sampai kab/kota dari mulai tingkat gubernur,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk warung makan pedagang kaki lima (PKL), lapak jajanan dan sejenis yang memiliki usaha di ruang terbuka diizinkan buka hingga pukul 21.00 WIB.

Kebijakan itu berlaku baik di Jawa maupun Bali. Luhut menekankan operasional PKL harus tetap menerapkanprotokol kesehatan dengan ketat.

“Dan waktu makan untuk tiap pengunjung 20 menit dan kami sarankan. Selama makan karena tidak pakai masker jangan banyak berkomunikasi. Jangan banyak berkomunikasi,” tandasnya.

 

Pos terkait