Tiba di Jakarta, AS Donasi Alkes-Obat Terapi Covid AS Untuk RI

JurnalPatroliNews – Jakarta – Bantuan alat kesehatan dan obat-obatan terapeutik yang diberikan Amerika Serikat (AS) untuk penanganan Covid-19 Indonesia telah tiba di Jakarta pada, Jumat (13/8/2021). Nilai bantuan yang dikirim itu bernilai US$ 52,3 juta atau setara Rp 750 miliar.

Perinciannya adalah nilai obat-obatan buatan perusahaan Eli Lilly sebesar US$ 51,6 juta. Kemudian ada dukungan sejumlah obat-obatan lain dan alkes dari organisasi kemanusiaan Direct Relief yang bernilai US$ 719 ribu.

“Paket dukungan ini dikirim dari bandara Los Angeles pada tanggal 11 Agustus 2021, dilepas oleh Konsul Jenderal RI di Los Angeles,” ujar keterangan resmi Kemlu seperti dikutip hari ini.

Dukungan itu merupakan tindak lanjut komitmen bantuan AS setelah kunjungan Menlu RI Retno Marsudi ke Negeri Paman Sam itu pada awal bulan. Selain dengan Eli Lilly, Retno juga diketahui menyambangi beberapa perusahaan pengembang vaksin seperti Arcturus dan Baylor College of Medicine dalam kunjungannya itu.

“Dalam pertemuan dengan perusahaan pengembang vaksin, dibahas kemungkinan kolaborasi pengembangan vaksin berbasis mRNA di Indonesia agar Indonesia memiliki kemampuan pengembangan vaksin berbasis teknologi terbaru serta kerja sama beyond Covid-19,” tulis Kemlu.

Sebagaimana diketahui, obat Covid-19 racikan Eli Lilly, Bamlanivimab, sudah mendapatkan persetujuan edar darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS atau FDA pada bulan November lalu. Keputusan tersebut diambil FDA setelah hasil penelitian menunjukkan obat itu efektif dalam mengurangi keparahan pasien Covid-19.

Komentar