Unilever dan Universitas Moestopo Bertekad Beri Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut

JurnalPatroliNews – JAKARTA – Kesehatan gigi adalah salah satu bidang kesehatan penting yang sering kali dilupakan masyarakat. Karena itu, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prof. Dr. Moestopo bersama PT. Unilever mendorong agar kesehatan gigi dan mulut makin diperhatikan oleh masyarakat.

Kampanye yang dilakukan oleh FKG Universitas Moestopo dan Unilever ini digelar di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) FKG UPDM (B) dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, Prof. Dr. drg. Burhanuddin Daeng Pasiga, M.Kes. kegiatan yang dilakukan pada 1-3 November 2022 ini bertujuan untuk memberi edukasi terkait perawatan gigi secara keseluruhan pada masyarakat dengan berbagai bentuk mulai dari promotif, edukatif, dan kuratif.

“Kami berharap dengan rangkaian kegiatan ini, kesehatan gigi dan mulut mulai menjadi perhatian serius. Sebab kesehatan gigi dan mulut bisa mempengaruhi kesehatan bagian tubuh lain. Dengan gigi yang sehat maka bagian tubuh lain juga terjaga kesehatannya,” jelas Prof. Burhanuddin.

Untuk itu, pada kegiatan BKGN 2022 ini, RSGM FKG Universitas Moestopo memberi program ‘Free Dental Check Up’ dengan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang bermutu, komprehensif, dan terjangkau bagi masyarakat.

Selain itu, ada pula pelayanan untuk penambalan, pencabutan, dan scalling yang diberikan di RSGM Universitas Moestopo.

Misi untuk membuat kesadaran terkait kesehatan gigi dan mulut di masyarakat menurut Senior Manager Unilever Zinitia Yasmin Basarah sudah sangat krusial. Sebab menurut survei selama pandemi Covid-19 saja telah terjadi peningkatan kerusakan gigi pada masyarakat.

“Menurut survei, ada peningkatan kerusakan gigi sebesar 5 persen di kalangan orang dewasa dan 2 persen di kalangan anak-anak. Karena itu, kegiatan seperti ini sangatlah penting untuk digelar dan Unilever siap membantu,” lugasnya.

Semangat yang diperlihatkan oleh Unilever itu pun disambut baik oleh Rektor Universitas Moestopo, Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M.M., M.Si. Menurut dia, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memang selalu dikedepankan oleh Kampus Merah Putih.

“Sikat gigi dan menjaga kesehatan gigi dan mulut memang sangat penting. Di sini, RSGM FKG Universitas Moestopo ingin memberi contoh bagaimana universitas membantu masyarakat,” ujar Prof. Paiman.

Komentar