Waduuh..! Mulai Masuk Jakarta, Dinkes Minta Warga Jangan Panik! Ada Apakah?

(Foto: lifepack.id)

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Penyakit Hepatitis Akut misterius yang beberapa waktu lalu menjadi perhatian Dunia Kesehatan, kini keberadaannya mulai muncul di Jakarta.

Widyastuti, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, mengimbau, agar masyarakat terap tenang dengan munculnya penyakit misterius ini.

Bacaan Lainnya

Ia meminta, masyarakat menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS), demi terhindar dari penyakit yang diduga menyebabkan meninggalnya sejumlah anak di Dunia itu.

“Enggak perlu panik, tapi selalu PHBS. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun saat usai BAB (buang air besar) dan saat mau makan. Kemudian sanitasi lingkungan sekitar,” kata Widyastuti, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (9/5/22).

Ia mengungkapkan, penyakit Hepatitis, bukanlah sesuatu yang baru, sehingga langkah antisipasi sudah bisa dilakukan sejak dini.

Ia menjelaskan, masyarakat perlu tahu, bahwa Hepatitis bisa menular, salah satunya, diakibatkan aktivitas makan dan minum yang tidak Higienis.

“Karena kalau ini (Hepatitis Akut misterius) dikatakan setara hepatitis A, maka salah satu pintu penularannya adalah oral (dari mulut),” jelasnya.

Ia menuturkan, pentingnya mencuci tangan sebelum makan, juga mencuci bersih tempat makan, agar terhindar dari ragam penyakit hepatitis.

Widyastuti menyarankan, bila masyarakat mengalami gangguan pencernaan yang disertai demam,  segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Kalau ada demam dan gangguan pencernaan, segera datangi faskes terdekat,” sarannya.

Pos terkait