Konser Coldplay di Jakarta Dibayangi Pajak Mahal, Daerah Lain Gimana?

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Sejak pemerintah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Desember 2022, konser musik dan pagelaran seni semakin marak di Tanah Air.

Setelah grup bank asal Korea Selatan Blackpink, penikmat seni di Indonesia kini dihebohkan dengan konser Coldplay yang akan diadakan pada 15 November 2023 di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sayangnya, antusiasme fans Coldplay di Indonesia ini dibayangi oleh aturan pajak hiburan yang tinggi.
Dari informasi harga tiket konser Coldplay di Indonesia yang beredar, terdapat 8 kategori yang tersedia, rentang harganya mulai Rp 800.000 hingga termahal Rp 3.500.000.

Namun, rentang harga tersebut belum termasuk pajak hiburan 15% dan fee 5%. Patut diketahui, pajak hiburan termasuk dalam Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT).

Adapun, penentuan besaran pajak hiburan menjadi ranah pemerintah kota dan kabupaten. Besarannya pun berbeda-beda.

Di sejumlah kota/kabupaten, rata-rata pajak hiburan termasuk kegiatan konser musik berkisar 10%. Pajak hiburan ini, untuk di beberapa daerah, juga dibedakan dari cakupannya, misalnya pajak konser musik tradisional biasanya dipatok lebih rendah dari pajak konser internasional.

Karena konser Coldplay yang direncanakan berlangsung di GBK, Jakarta, maka pajak hiburan diatur melalui Pajak Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pajak Hiburan.

Dalam aturan tersebut, maka tarif pajak untuk pagelaran kesenian, musik, tari, dan/atau busana yang berkelas internasional dikenakan pajak 15%.

Tak sedikit fans yang merasa ciut dengan besarnya pajak dalam konser Coldplay.

“Saya jadi mikir ulang setelah tahu harga konser Coldplay jadi mahal banget setelah dihitung pengenaan pajak dan fee,” ungkap seorang fans bernama Dede, yang dihubungi rekan media.

Fans lainnya memilih menurunkan kategori kelas yang akan diambil. Seorang pegawai swasta, Pritta, mengaku memilih kelas yang lebih rendah.

“Paling Cat 5-6, yang lain enggak deh soalnya berdua sama suami,” ungkapnya.

Komentar