Luar Biasa..! Transformasi PT SMI, Kemenkeu: Akan Jadi Bank Dunia ‘Made In Indonesia’ Bagi Seluruh Pemda

JurnalPatroliNews – Jakarta –Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan, bersama jajarannya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), sedang mentransformasi PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI), menjadi lembaga pembiayaan bagi Pemerintahan Daerah (Pemda).

Saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR-RI, Luky Alfirman, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, menjelaskan, Transformasi yang terjadi pada PT SMI ini, akan membuat lembaga tersebut layaknya World Bank, atau Bank Dunianya bagi Pemda-pemda yang ada di Indonesia.

“Kami, saat ini sedang mencoba melakukan Transformasi PT SMI. Saat ini ingin menjadikan PT SMI semacam World Banknya Daerah, dengan kliennya itu yang Pemda 446 tadi,” jelasnya, Rabu (8/2/23).

Ia berharap, melalui Transformasi ini, kedepannya, Pemda tidak harus bergantung lagi pada Anggaran transfer, dari Pemerintah Pusat, melalui dana Transfer ke Daerah (TKD), untuk pembangunan di Daerah-daerahnya.

“Intinya, harusnya sekarang Daerah sudah mulai punya opsi bukan hanya tergantung dari Pemda,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan, UU Nomor 1 Tahun 2022, tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD, sebetulnya telah mendorong, agar Pemda mencari lebih banyak Alternatif Pembiayaan dalam pembangunan daerahnya.

“Spirit dari UU HKPD, salah satunya adalah, bagaimana Pemda bisa eksplor Alternatif pembiayaan, bukan hanya terkait TKD, tapi kita juga buka karena pembiayaan mulai dari pinjaman, Obligasi, Sukuk, dan seterusnya. Itu yang kita dorong terus,” tandasnya.

Komentar