Terbukti Berhasil, Ditangan Jokowi! Satu Barang Ini Datangkan Cuan Rp519 T Tahun Lalu

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pemerintah benar-benar berhasil menjalankan kebijakan hilirisasi pertambangan seperti halnya nikel. Terbukti, pada tahun 2022 kemarin, Indonesia benar-benar mendapatkan durian runtuh dari hilirisasi nikel yang tercatat mencapai US$ 33,8 miliar atau Rp519 triliun (kurs Rp15.365 per US$).

Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam akun instagram resminya ia bilang, nilai ekspor industri nikel kami mencapai US$33,8 miliar pada tahun 2022.

“Di mana US$ 14,3 miliar dihasilkan dari ekspor besi dan baja. Keberhasilan ini terwujud karena keteguhan Presiden Jokowi untuk tetap melanjutkan kebijakan hilirisasi industri dalam mengolah “raw material” di dalam negeri untuk nilai tambah yang lebih tinggi,” terang Menko Marves Luhut, Dikutip Senin (20/3/2023).

Luhut bilang, data tersebut juga sampaikan kepada IMF yang mengunjungi kantornya beberapa hari yang lalu sembari berkata bahwa jika dulu semua bahan mentah kita ekspor secara cuma-cuma, sekarang cukup sudah.

Komentar