Perlu Lembaga Seperti KPK, Susno Duadji: Sistem Pengawasan Polri Tak Efektif

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Berbagai kasus pidana yang terjadi di tubuh Polri akhir-akhir ini menuntut adanya sejumlah pembenahan. Salah satu yang harus dibenahi adalah sistem pengawasan.

 Mantan Bareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji menilai, dewan pengawas adalah hal yang perlu menjadi perhatian sebagai upaya pembenahan di tubuh lembaga itu.

“Yang paling perlu dibenahi adalah lembaga pengawasannya. Kekuasaan yang demikian besar, diberi senjata, organisasi yang besar, ada pengawasan tapi tidak efektif, ini adalah suatu hal yang mustahil,” kata Susno dalam Webinar Mingguan Partai Perindo dengan tema ‘Bersih-bersih di Tubuh Polri: Upaya Membangun Polri Berwibawa dan Dicintai Rakyat,’ Jumat (21/10/2022).

Diakuinya, saat ini memang ada lembaga pengawasan yang sudah terbentuk baik internal maupun eksternal. Namun, di lapangan keberadaan pengawas itu dinilai tidak efektif. Kondisi itu terjadi baik untuk pengawasan internal maupun eksternal.

“Pengawasan internal ada Propam. Tapi kita tahu sendiri Propamnya seperti itu. Ada lagi Irwasum, tapi kita tahu Irwasum sendiri seperti itu,” jelas dia.

“Ada pengawasan eksternal Kompolnas, tapi tidak efektif. Ada juga lembaga pengawasan eksternal DPR, dalam hal ini Komisi III. Tetapi itu kan lembaga politik, dan tidak bisa tiap hari melakukan pengawasan,” lanjut dia.

Komentar