Batasan Waktu Jadi Pertimbangan! Kapolda Papua: Posisi Pilot Susi Air Disandera KKB Sudah Dipetakan

JurnalPatroliNews – Papua – Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengungkap perkembangan penyelamatan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB). Mathius menyebut polisi dan Satgas Damai Cartenz sudah memetakan posisi pilot Susi Air yang di sandera.

Irjen Mathius awalnya mengatakan proses penyelamatan pilot Susi Air perlu dilakukan dengan cermat. Namun dia mengaku akan tetap tegas dalam melakukan langkah hukum.

“Tentunya kita mencermati, mencermati bagaimana pola penanganan yang harus kita lakukan dengan baik, teliti, tepat, dan tentunya tegas dalam melakukan langkah penegakan hukum,” kata Irjen Mathius kepada wartawan, dilansir detikSulsel, Sabtu (17/6/2023).
Dia menyampaikan negosiasi masih terus dilakukan dengan melibatkan berbagai unsur. Irjen Mathius mengaku memberikan ruang kepada semua pihak untuk melakukan pendekatan kepada KKB Egianus Kogoya dkk.

“Ini kita memang sudah mulai fokus memberikan ruang untuk semua pihak, mau tokoh agama, tokoh masyarakat, keluarga dengan kelompoknya Egi. Kita berharap Egi bisa berkoordinasi, bisa melakukan pendekatan budaya maupun kekeluargaan dia bisa mengembalikan pilot yang diamankan,” terangnya.

Irjen Mathius menegaskan tidak ingin mengambil langkah yang dapat membahayakan banyak orang dalam menyelamatkan pilot Susi Air meski KKB mengancam dengan durasi waktu. Sehingga pihaknya mesti tetap hati-hati dalam melangkah.

“Terkait dengan apa yang mereka share ke media tentang batasan waktu, tentunya ini juga akan menjadi pertimbangan secara cermat dari kami untuk melihat proses ini untuk secara kehati-hatian mengambil penegakan hukum,” ucapnya.

“Kami tidak mau dampak yang kita lakukan itu bisa berefek pada pilot yang sedang dia sandera tersebut. Tentunya kami sudah memetakan dan menggambarkan bagaimana posisi yang ada pada pilot. Saya sudah dapat laporan juga dari Damai Cartenz,” sambungnya.

Komentar